Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian


Bisa jadi Arianna Huffington tidak membayangkan apa yg bakal terjadi dengan blognya 10 tahun kemudian, dikala ia pertama kali meluncurkan The Huffington Post (http://www.huffingtonpost.com/) pada 9 Mei 2005.

Blog yg awalnya berisi dongeng dari trik pandang Arianna melihat banyak sekali hal di Amerika itu menjadi besar dan tak terbendung. Banyak yg menyukainya dan membuat AOL mengakuisisinya pada tanggal 7 Februari 2011.

Tidak main-main, Huffington Post mencatat nilai akuisisi sebesar US$315 juta. Nilai yg terbilang besar untuk sebuat laman online. Tapi, kemudian penghasilan Huffingtong Post jauh lebih besar dikala ini.

Mungkin kisah Arianna terlalu jauh ke Amerika, di Indonesia juga banyak kisah sukses blog yg kesudahannya bernilai ratusan miliar.

(Baca Juga: Ini 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

Jika dinilai terlalu naif untuk menyampaikan Detik dan KapanLagi.com yakni blog yg kesudahannya bermetamorfosis media mainstream, maka agarlah naif, sebab intinya memang demikian.

Hampir semua orang tahu gimana Chairul Tanjung membeli Detik dari tangan Budiono Darsono di tahun 2011 seharga Rp540 miliar. Lima tahun kemudian, satu lagi penjualan fantastis yg terjadi di Indonesia.

KapanLagi Network dijual kesalah satu pengusaha asal Singapura dengan harga jauh diatas penjualan Detik. Meski lebih besar dari penjualan Detik, namun nilai saham yg dijual tidak sepenuhnya.

KapanLagi Network atau yg biasa disingkat KPN punya banyak blog, sebut saja, Merdeka.com, Vemale, Bola.net, Brilio dan lain-lainnya. Tidak heran Jika penjualan KPN sangat besar dan bikin ngiler.

(Baca Juga: Kisah Kuli Panggul Digaji $1.000 Per Bulan oleh Google)

Beberapa teladan diatas yakni blog yg berhasil dijual oleh pemiliknya dengan harga super fantastik. Blogger Indonesia juga mengenal nama Hanifa Ambadar, pendiri sekaligus pengelola blog Female Daily.

Female Daily awalnya hanya berisi tulisan-tulisan Hanifa dengan dua rekannya soal kosmetik dan trik menggunakannya. Banyak hal soal kosmetik yg kemudian mereka bahas, hingga kesudahannya banyak yg membaca dan dikala ini menjadi lembaga diskusi perempuan-perempuan Indonesia.

Soal penghasilan, tak perlu diragukan, yakin dan percaya, sudah sangat besar. Blog ini dikunjungi oleh jutaan wanita setiap bulannya, yg Maknanya produk apapun yg dipromosikan, apalagi ada kaitannya dengan kosmetik bakal mendapatkan banyak perhatian di lokasi ini.

Mereka-mereka semua hanyalah teladan kecil dari seberapa besar potensi yg ada di dunia blog. Namun untuk mencapai hasil yg maksimal dalam sebuah blog, tidak semudah membalik telapak tangan.

(Baca Juga: 7 Anak Muda yg Kaya Raya dari Berinovasi di Internet)

Ingat Detik yg Musti menunggu 10 tahun untuk kesudahannya dilirik oleh pengusaha media di Indonesia, begitu juga KPN dan The Huffington Post. Mereka dengan konsisten berbagi blognya hingga kesudahannya layak dijual.

10 Tahun Kemudian

Saya sendiri belum bisa membayangkan bakal mirip apa Blogooblok 10 tahun kemudian. Akankah besar mirip dambaan semua orang atau sama saja dikala ini.

Jika Musti diminta memikirkan masa depan blog ini nantinya, saya hanya berdoa, blog ini tidak mengalami kemunduran yg kesudahannya menggiring kelubang kematian.

Tapi mari kita menerawang, gimana masa depan blogger di Indonesia untuk 10 tahun kedepan. Saya berharap, Jika blog yg dikelola setrik personal untuk tidak membayangkan mirip pencapaian Detik atau KapanLagi dulu.

Jumlah blogger di Indonesia menurut data ASEAN Blogger Chapter Indonesia pada tahun 2011 sudah mencapai 5 juta orang. Angka ini naik signifikan Jika dibandingkan jumlah blogger di 2008 yg hanya 500 ribu orang.

(Baca Juga: Apa yg Dilakukan Orang Indonesia di Internet?)

Tidak ada jumlah niscaya berapa blogger aktif di Indonesia di tahun 2016 ini. Namun, Jika melihat data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) di 2015, kita bisa analisa berapa jumlah blogger aktif di Indonesia.

Jumlah pengakses internet di 2015 mencapai 88 juta dari 254 juta penduduk Indonesia. Jumlah orang yg mengakses blog pribadi, web langsung dan lembaga Jika ditotal sebanyak 8,3 persen.

Melihat karakteristiknya, bisa dipastikan mereka yakni blogger aktif. Itu Maknanya ada sekitar 7,3 juta orang blogger aktif di Indonesia. Hampir setiap blogger punya lebih dari satu blog. Makara bisa dibayangkan ada banyak skali blog yg tercipta.

Tapi apakah jutaan blog itu besar? 

Sayangnya tidak demikian. Meski banyak yg punya blog namun, tidak sedikit yg hanya menjadi sampah di dunia maya. Itu karna, menganggap blog bukanlah sebuah investasi jangka panjang.

Penyakit blogger Indonesia yakni ingin cepat mendapatkan uang dari blog. Padahal hingga menangis darah pun, blog yg gres dibentuk satu hari tidak bakal menghasilkan apa-apa.

Jika sudah bitrik soal pelakunya, mari melihat seberapa besar potensi blog di Indonesia.

Masih dari data APJII. Sebanyak 68,7 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan teknologi ini untuk mencari informasi. Hanya 59,8 persen yg ke internet mencari berita. Itu Maknanya ada 60 juta orang yg menjadi pasar potensial satu blog.

1 persen saja dari total pembaca untuk blog Anda, maka bakal dihasilkan jumlah yg fantastik yakni sebesar 604.560 orang. Jika itu konsisten per hari, maka tidak mustahil, blog yg Anda kelola bisa senilai Detik atau KapanLagi.

Bagaimana Caranyanya Blog Bisa Sukses di Kemudian Hari?

Bisa jadi, sebagian orang menganggap pembahasan diatas terlalu berlebihan. Apa iya, blog punya masa depan yg baik dan bisa menawarkan fassif income yg besar?.

Setrik nalar mungkin tidak, namun setrik nalar bisa jadi iya. Caranyanya sederhana, update blog Anda dengan konten yg bisa membantu banyak orang.

Tapi, updatenya tidak asal-asalan. Misalnya satu bulan dikala awal pembuatan aktif di update, nanti 10 tahun kemudian gres kembali update lagi. Jika begini triknya jangan harap ada hasil dikemudian hari.

(Baca Juga: Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan)

Ingat, yg paling penting disatu blog yakni trafiknya. Jika trafiknya tinggi, maka masa depan blog tersebut cukup menjanjikan. Sedangkan untuk mendapatkan trafik tinggi, Musti ada konten yg menarik. Maka disitu kuncinya.

Jika keadaan blog Anda hari ini berpenghasilan 5 dollar perhari dengan perkiraan selalu naik 10 persen setiap bulannya, maka bayangkanlah 10 tahun kemudian bakal mirip apa blog Anda.

Blog yg cantik bakal selalu mendapatkan perhatian banyak investor. Makara jangan asal blog dan buat postingan semoga copy paste, Jika memang membayangkan masa depan yg bahagia.

Sekian dan Jangan Lupa tersenyum!
+Wisa Rahardi

0 Response to "Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian"

Post a Comment