Caranya Menulis Maknakel Untuk Pemula


Menjadi seorang blogger punya tanggung jawabnya sendiri. Selain kemampuan koding minimal dasar yg dimiliki, hal lain yg tak kalah pentingnya yakni menulis. Banyak blogger yg malah menganggap hal ini tidak penting. Dikiranya ngeblog itu sekedar copy dan paste saja.

Kemampuan memberikan sesuatu kepada pengunjung blog bakal jadi nilai tambah. Minimal ada orang yg dengan Mudah menangkap apa yg hendak disampaikan pemilik blog. Tanpa ini, blog yg kita kelola hanyalah butiran abu yg meski ada tapi bakal Mudah hilang.

Dengan mencar ilmu menulis juga bakal membantu banyak hal pada masa depan kita. Selain jadi blogger yg punya ciri khas, siapa kira besok-besok bakal jadi penulis besar. Contohnya sudah banyak Jika ini. Dari sekedar menulis di blog hingga risikonya jadi penulis terpandang.

Sayangnya, setiap kali hal ini dibitrikkan, ada saja orang-orang yg mengaku tidak berbakat dalam dunia tulis menulis. Padahal punya niatan untuk jadi penulis atau setidaknya blogger. Satu hal yg Musti diyakini sedari awal, tidak ada yg lahir eksklusif dengan bakat. Pun Jika ada, 99 persennya yakni kemauan. Bakat hanya punya sumbangsi yg kecil.

Saya sangat menghargai dan respect kepada orang-orang yg gigih belajar. Meski tergolong masih cetek dalam dunia tulis menulis, namun beberapa orang dengan suka rela mengundang saya untuk sekedar menyebarkan gimana trik menulis yg baik.

Waktu saya memang tidak sepenuhnya untuk BLOGOOBLOK. Ada banyak side job yg saya kerjakan. Keliru satunya menulis untuk beberapa media nasional. Tidak sedikit pula projek penulisan buku melibatkan saya. Baik menggunakan nama atau sekedar editor hingga ghost writer atau penulis bayangan.

Tapi di blog ini saya yakni Wisa Rahardi. Orang yg juga haus bakal banyak pengetahuan. Tulisan ini sedikit pengabdian dari sosok lain yg saya perankan. Semoga bisa bermanfaat semoga lalu satu persatu kebiasaan copy paste dalam dunia blogging bisa hilang.

Sifat dan Karakteristik Tulisan

“Tahu kamu mengapa saya sayangi kamu lebih dari siapa pun? Karena kamu menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, bakal abadi, hingga jauh, jauh di lalu hari".

Pramoedya Ananta Toer menuliskan kata-kata itu dalam buku 'Child of All Nations'. Penggalan kalimat di atas merujuk pada kata-kata ibunya yg sepenuh hati mengasihi Pram. Dan benar saja, hingga Pram meninggalkan dunia ini, kata-katanya tak pernah mati. Ia tetap abadi.

Begitulah penggambaran betapa pentingnya menulis itu. Ia seakan punya nyawa dan hidup. Apalagi Jika tulisannya memang penuh kesan bagi pembacanya. Karena hidup, maka goresan pena selayaknya pula mempunyai sifat dan karakteristik.

Memulai menulis berMakna bermula pula memahami apa yg kita tulis. Karena goresan pena yg bernyawa yakni goresan pena yg juga dengan Mudah dipahami orang lain. Tulisan yg tidak bernyawa bisa jadi alasannya penulisnya nyaris tidak memahami apa yg ia utarakan.

Bukan hanya pada penulisan ilmiah, sekadar menulis di blog pun harusnya punya sifat dan karakter yg kuat. Semakin berkarakter goresan pena kita, bakal semakin Mudah orang mengidentifikasi. Meski di copy oleh orang lain, karakter penulisnya bakal tetap terbaca dengan mudah.

Setrik umum, karya tulis mempunyai sifat yg ilmiah. Diantaranya:

  • Lugas : Maknanya goresan pena tidak mengandung unsur emosional berlebih di dalamnya. Tidak pula mengandung Makna yg luas. Misal hendak menulis soal trik menulis, yg dibahas ya trik menulis, tidak memasukkan usur lain ibarat trik memperbaiki sepeda di dalamnya
  • Logis : Kata-kata yg digunakan dalam goresan pena tidak melabrak aturan, alias disusun setrik konsisten. Jika menulis trik memasak gulai, harusnya lebih runut dengan budi yg masuk akal. Jangan membuat orang berpikir trik yg kita sampaikan mustahil terwujud. 
  • Efektif : Kalimat yg disajikan merupakan kelingkaran pikiran. Jangan menyajikan kalimat yg membuat dahi pembaca mengkerut alasannya tidak paham. Di dalamnya ada unsur penitikberatan serta pengembangan yg berdaya guna. 
  • Efisien : Sebaiknya dalam menyajikan tulisan, kata-kata yg dipilih merupakan bahasa umum yg Mudah dipahami manusia. Jangan menulis untuk menyenangkan robot, alasannya yg menilai pada risikonya yakni manusia. Jika ada kata yg kurang populer, sebaiknya mencari padanannya. 
  • Baku : Khasanah bahasa Indonesia kita sangat kaya. Tulisan yg baik menggunakan kata yg baku. Jangan alasannya ingin dituduh anak modern, bahasa juga sesuai kata-kata sehari-hari. Singkatnya, hindari menggunakan kata alay atau menulis dengan banyak abreviasi dan unsur abjad dan angka. Jangan. 

Sifat dasar goresan pena di atas penting diperhatikan. Walau untuk menulis di blog tidak selamanya diperlukan. Namun yg paling fundamental yakni goresan pena itu Mudah dipahami dan pesan yg hendak disuarakan hingga ke pembaca.

Sejauh ini pun saya masih terus mencar ilmu gimana semua pembaca bisa paham apa yg saya tuliskan. Karena setiap goresan pena mempunyai pasarnya sendiri. Itu menjadi pekerjaan berat. Tidak semua Maknakel di blog ini Mudah dipahami orang. Ada yg memang dikhususkan untuk yg tidak mengerti topik tertentu sama sekali. Ada pula yg diperuntukkan ke orang-orang untuk pemahaman tindak lanjut.

Menulis Maknakel tutorial ngeblog contohnya. Sebaiknya penulis Musti memahami apa yg ia hendak sampaikan. Caranya Mudah memahaminya dengan mencobanya setrik langsung. Jangan sekali-kali menulis sesuatu yg belum diterapkan dan berhasil. Karena Jika begitu goresan pena tidak  bernyawa.

Ada tiga langkah taktis yg Musti dilakukan untuk menulis Maknakel. Dengan topik apapun, konsep ini tetap berlaku.

1. Prapenulisan

Sebelum memulai menulis dengan topik tertentu, hal pertama yg dilakukan yakni memahami apa yg ditulis. Mencari datanya hingga melaksanakan observasi Jika perlu. setelah semua tersaji, barulah masuk ke tahap selanjutnya.

Baca Lebih Komplit: Persiapan Awal Sebelum Memulai Menulis Maknakel

2. Penulisan

Saat menulis, pahami dulu, goresan pena tersebut hendak disajikan setrik hard atau soft. Hard Maknanya penyampaian setrik gamblang dan soft lebih bertutur. Metode piramida terbalik diharapkan dan pemahaman soal 5W+1H juga dibutuhkan. Sama yg penting paham soal SPOK.

3. Revisi  

Sentuhan tamat dalam menulis yakni melaksanakan revisi. Saat pertama kali menulis, semua ilham kita curahkan dalam tulisan. Kadang ada hal yg tidak penting ikut nimbrung. Maka perlu melaksanakan revisi sebelum risikonya dipublikasikan.

Penjelasan masing-masing langkah di atas butuh tupoksinya sendiri. Saya bakal membahasnya di Maknakel lain. Jika semua diterapkan, maka Maknakel yg kita hasilkan bakal kaya dan tidak dianggap cetek. Hal ini perlu untuk blog yg telah mengakibatkan blogger sebagai profesi.

Menulis untuk medium digital, semacam blog begini juga punya sentuhan khusus. Ada unsur berjulukan SEO yg Musti diperhatikan. Mulai dari penulisan judul hingga isi, langkahnya beda sendiri. Berpikir online bakal sangat membantu.

Soal trik mengenakkan goresan pena pun perlu pengetahuan yg baik. Namun trik paling Mudah yg bisa dilakukan yakni dengan rajin membaca. Apa saja yg menarik minat, sebaiknya baca. Pelajari trik mereka menyusun kata hingga kalian mau menyelesaikannya hingga tuntas.

Topik menulis Maknakel dari BLOGOOBLOK ini bakal disajikan dalam beberapa seri. Saya bakal membuatnya khusus dalam segmen "Kelas Menulis". Silahkan kunjungi tag tersebut untuk mencari tahu Maknakel lainnya. Semoga bermanfaat dan teruslah menulis.

Salam kreasi!
 

0 Response to "Caranya Menulis Maknakel Untuk Pemula"

Post a Comment