Strategi Dasar Untuk Membangun Media Online



Seorang sahabat pernah bertanya kepada saya, gimana triknya membangun media online yg punya imbas cukup besar di masyarakat, sekaligus punya laba setrik bisnis dan stabil dalam jangka waktu yg panjang.

Pertanyaan ini tidak Mudah untuk dijelaskan. Terlebih saya paham gimana gejolak bisnis di media online. Belum ada kata stabil tapi juga punya peluang yg cukup besar di masa depan. Semuanya masih bakal baik-baik saja asal kita bisa membaca arah perkembangan dan impian pembaca.

Bertolak dari pertanyaan itulah, saya memberanikan diri menulis postingan ini. Berharap juga bisa membantu lebih banyak orang. Bukan hanya yg berniat membangun media online mirip yg Biasa diketahui, tapi juga untuk para blogger dengan aneka macam platform yg digunakan.

(Baca Juga: Bekal Mencari Uang Lewat Internet Khusus Pemula)

Namun sebelum jauh mengulas taktik editorial atau taktik membuat konten yg bakal diulas disini. Saya ingin menekankan apa Maksud dengan media online. Jika merujuk pada pernyataan Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) maka bakal didapatkan pengertian mirip berikut:

Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan wikipedia sebagai “pelaporan fakta atau bencana yg diproduksi dan didistribusikan melalui internet”.

Namun pengertian lain dari media online lebih luas lagi. Bukan hanya soal karya jurnalistik saja, bakal tetapi semua format media yg hanya bisa diakses melalui internet bisa dikategorikan media online. Intinya, semua sarana komunikasi yg dilakukan setrik online dikategorikan media online.

Maka email, mailing list (milis), website (termasuk website berita), blog, media umum mirip WhatsApp, Facebook dan lain-lainnya juga masuk dalam kategori ini. yg Maknanya, pembahasan pada goresan pena ini bisa meliputi semua aspek. Utamanya kepada blogger dan media online khusus untuk karya jurnalistik.

(Baca Juga: 5 Fakta Bisnis Online yg Musti Anda Ketahui)

Tulisan ini bakal dibagi menjadi beberapa bagian, pertama soal taktik editorialnya atau kontennya, kedua soal taktik marketing atau pemasarannya dan ketiga soal teknikal strategi. Karena pembahasan ini bakal sangat panjang, semuanya tidak bakal dimasukkan dalam satu postingan.

Pada taktik editorial ini, kita bakal mempelajari gimana meningkatkan isi konten, membangun konten yg baik sehingga mendapatkan penghargaan, ambisius tapi tetap realistis. Kita juga bakal mengetahui gimana mengatur konten yg baik dengan kata kunci yg relevan untuk kepentingan SEO.

Kenali Pasar yg Anda Targetkan

Sebelum benar-benar terjun membangun media online, Anda Musti terlebih dahulu memahami pasar apa yg Anda targetkan. Melakukan riset kecil-kecilan bakal lebih baik. Utamanya soal kata kunci apa yg ingin disasar. Ada dua hal yg perlu Anda pahami sebelum membuat produk.

  1. Produk yg nantinya Anda lahirkan, bisa saja sudah pernah ada sebelumnya. Maka kompetisi dalam pasar ini bakal besar. Anda Musti bisa menyakinkan diri bahwa produk Anda jauh lebih baik dari yg sudah ada. Intinya Anda Musti menjadi yg terbaik.
  2. Menciptakan pasar gres dengan konsekwensi yg besar. Jika menentukan jalan ini, maka Anda perlu lebih inovatif dan berani mengambil resiko. Memang tidak ada kompetisi, tapi jikalau produk yg Anda buat berhasil maka Anda bakal melahirkan kompetisi bagi pesaing lainnya.

Catatannya, jikalau Anda menentukan jalan yg pertama, dan hasilnya kurang baik atau setara dengan kompetitor, maka permainan berakhir. Sebaiknya, Anda mengambil resiko dengan membuat sesuatu yg lebih baik dan bermakna. Bahasa kasarnya, jangan mirip blogger atau media online abal-abal yg taunya hanya copy paste.

(Baca Juga: Ini Jenis Bisnis yg Cocok Bagi Blogger Sangat Pemula)

Rumusnya ialah Saat penetrasi pasar bisa diukur, maka proporsi pembaca yg tertarget juga bisa diukur. Begitu pula riset pasar yg baik bakal membantu Anda memahami lingkungan bisnis yg Ada. Dengan begitu taktik bisnisnya bisa dibangun sedari awal.

Caranya Mengukur Pasar yg Ditarget

Untuk mengukur pasar yg ditarget, kita bisa melaksanakan banyak trik. Keliru satunya dengan membuat survei kecil-kecilan melalui sosial media. Atau Jika Anda punya dana lebih bisa menggunakan jasa survei yg sudah ada. Tujuannya untuk memetakan selera pasar dan apa yg sedang mereka inginkan.

Namun trik yg paling Mudah yg bisa Anda lakukan dengan menanyakan sendiri apa yg Anda butuhkan. Keliru satu alat yg bisa dipakai untuk melaksanakan survei ini ialah memetakan impian sendiri menggunakan empathy map atau peta empati. Peta tenggang rasa ini juga bisa Anda gunakan untuk orang lain yg Anda tanyai.





















Keterangan:
Dalam empathy map ini ada enam hal yg Musti dipetakan.
  1. Apa yg orang pikirkan: Pertanyaan ini untuk mencari tahu apa yg benar-benar bagi meraka cukup penting diketahui. Apa kesukaannya, kekhawatiran dan aspirasi mereka. Usahakan tanggapan yg ditulisakan berlatar belakang produk yg sedang Anda rintis.  
  2. Apa yg mereka dengar: Pada pertanyaan ini kita ingin mencari tahu, apakah mereka cukup terpengaruh dengan kata-kata dari teman, atasan atau bos atau imbas dari manapun yg mereka jadikan rujukan.
  3. Apa yg mereka lihat: Apakah mereka tertarik untuk melihat isu lingkungan contohnya, atau politik dan lain sebaginya. Intinya apa yg berdasarkan mereka ingin diketahui dan disaksikan. Ini penting untuk menentukan tema apa dan layanan mirip apa yg dihadirkan nantinya.
  4.  Apa yg mereka katakan dan lakukan: Pertanyaan-pertanyaan ini bersama-sama untuk mencari tahu soal perilaku mereka dimanapun berada, gimana penampilannya, gimana sikapnya dengan orang lain dan sebagainya.
  5. Rasa sakit: Hanya untuk mengetahui apa yg mereka takutkan, yg membuat mereka putus asa atau menurutnya menjadi hambatan.
  6. Harapan: Untuk pertanyaan ini kita ingin mencari tahu apa yg mereka butuhkan dalam media online, ukuran keberhasilan dan kendala apa saja yg mungkin muncul dikemudian hari.
Pertanyaan diatas hasilnya kemudian dikelompokkan sesuai dengan jumlah data yg masuk. Kita bakal mendapatkan kesimpulan dari survei kebutuhan ini yg bisa dijadikan referensi untuk membangun media online baru. setelah membuat data sementara, selanjutnya kita kelompokkan dalam versi yg lebih tertata.

(Baca Juga: Begini Caranya Media Online Menghasilkan Uang)

Data diatas bisa dikelompokkan lagi menjadi empat bab sebelum karnanya benar-benar memciptakannya menjadi produk. Namun kali ini kita bandingkan dengan kompetitor lainnya. Misalnya blog A dan blog B punya segmen yg nyaris sama, maka kita teliti kemudian menjawab empat kelompok ini.


Strengths/Kekuatan
Pada kolom ini kita Musti menulis semua kekuatan yg kita miliki, begitu juga dengan lembar kuisioner lainnya, tulis kekuatan blog atau media online lainnya. Jika punya data yg memadai, jikalau perlu tulis hingga ke akar-akarnya contohnya kekuaran engine apa yg kita gunakan dan mereka gunakan.

Weaknesses/Kelemahan  
setelah menulis kekuatan, selanjutnya kita menulis daftar kelemahan produk kita. Misalnya, susukan yg lambat, tampilan yg kurang baik atau konten yg tidak mendidik. Semuanya Musti diukur dengan jujur. Usahakan jangan memuji-muji produk Anda terlebih dahulu. Ini penting untuk menghasilkan produk yg lebih baik nantinya.

Opportunities/Peluang 
Anda juga Musti menulis peluang apa saja yg produk Anda miliki. Sekali lagi usahakan semuanya dilihat setrik merata dan objektif supaya bisa dipetakan langkah apa yg nantinya ditempuh untuk mendapatkan peluang tersebut.

Threats/Ancaman
Hal ini juga penting. Menjalankan bisnis media online bukan berMakna tidak mempunyai ancaman. Keliru satu bahaya serius yg ada di internet ialah hack. Selain bahaya setrik online, Anda juga bisa menulis bahaya setrik offline. Ini untuk memberi santunan kepada produk Anda kedepannya.

Jika telah melaksanakan survey dan pengelompokkan diatas. Maka kita bakal mempunyai banyangan, media online atau blog mirip apa yg orang lain butuhkan. Selain menggunakan metode survei diatas. Kita juga bisa menggunakan data yg dihasilkan dari Google.

(Baca Juga: Rahasia Para Pengusaha Sukses Menjalankan Bisnis Online)

Penelitian ini penting supaya kita punya sasaran pasar yg tetap. Karena jikalau eksklusif bermain di bisnis ini tanpa persiapan yg memadai, kemungkinan gagalnya cukup besar. Apalagi jikalau modal yg dikeluarkan cukup memadai. Saya menyarankan supaya melaksanakan pengukuran pasar terlebih dahulu.

setelah pasar yg kita sasar terlihat, saatnya masuk ke membangun konten yg relevan dengan pembaca yg kita inginkan. Karena pembahasan ini cukup panjang, untuk ulasan tersebut bakal dilanjut pada postingan selanjutnya. Semoga sejauh ini semua yg saya jelaskan diatas bisa dipahami dengan baik.

Jangan Lupa Bahagia!

0 Response to "Strategi Dasar Untuk Membangun Media Online"

Post a Comment