Mengapa Setiap Orang Perlu Punya Website?


Pasti ada anggapan bahwa cukup dengan sosial media semisal Facebook, Twitter dan Instagram saja kita sudah sanggup eksis. Apalagi Jika hanya untuk jualan online. Beberapa sosial media sanggup digunakan mendulang pundi-pundi rupiah. Tapi apakah memang demikian?.

Saya ingin menceritakan satu kisah terlebih dahulu. Saya punya seorang sobat yg hobinya memotret. Ia pun jadi photografer handal dan dikontrak Keliru satu media besar di Indonesia. Dari sudut mata saya, hasil jepretannya memang selalu mengagumkan.

Namun dua tahun belakangan, ia menentukan jadi photograper lepas dan menjamah pasar yg lebih luas. Pasar internasional. Kaprikornus freelance itu bukan kasus mudah. Jalan ini jalan sepi dan penuh persaingan. Skill bukan satu-satunya yg diperhitungkan. Ada faktor image yg dipertaruhkan.

Ia mengalami kesulitan, bukan sebab kualitasnya yg kurang. Faktor image itulah yg menghambat. Beberapa kali ia membuka anjuran ke agency luar, namun tidak selalu berakhir baik sebab ia tak punya tempat menampilkan etalase karyanya.

Mungkin bakal ada yg bilang, Instagram sanggup dijadikan tempat. Benar. Tapi mengukur profesionalisme seorang photografer sangat naif bila menggunakan tempat gratisan. Sosial media memang penting tapi membangun image perlu sedikit modal.

Beberapa agency yg dikontaknya meminta link website pribadi. Mereka ingin melihat beberapa teladan karya yg sudah dibuat. Serta hal apa saja yg menarik. Sehingga website seyogyanya bukan hanya lokasi berkreasi, tapi juga memperkenalkan identitas kita di internet.


Contoh ibarat sobat photografer saya hanya cuilan kecil untuk merampungkan pertanyaan mengapa semua orang perlu website. Bagi penjual jasa ini bukan kasus main-main. Jika niatnya memang mencari peluang di internet, maka branding yg baik dimulai dengan website yg baik.

Kebiasaan masyarakat dikala ini mulai bergeser. Sedikit demi sedikit sudah banyak masyarakat yg melek literasi digital. Tidak lagi pribadi percaya dan bertransaksi sesuatu hanya isu yg di sanggup di sosial media. Masyarakat kita mulai membangun kebiasaan mengecek website resmi si penjual tersebut.

Karena bakal sangat Mudah mengenali siapa penjual yg baik dan jelek hanya dengan melihat rekam jejak digitalnya. Begitu pula mengetahui kondusif tidaknya satu website untuk bertansaksi, cukup dengan melihat URL dari website tersebut.

Semua ini satu kesatuan bila kita bitrik peranan website untuk bisnis. Tapi gimana untuk diri sendiri?.


Jika setiap orang di dunia ini butuh rumah. Bukan sekedar untuk bernaung dan tidur di malam hari. Tapi juga juga alamat kirim mengirim sesuatu. Maka begitu pula keharusannya setiap orang mempunyai alamat di internet. Sebuah website yg fungsi dan tugasnya sama dengan rumah kita di dunia nyata.

Website sanggup digunakan untuk showcase contohnya, atau menjadikannya portofolio produk atau jasa yg kita miliki. Misal kau pelukis, yah, websitenya penuh dengan teladan hasil karya. Atau penulis, website yg dibentuk bakal memajang hasil tulisan. Dan banyak lagi jenis produk dan jasa yg setiap orang sanggup tidak sama-beda.

Melalui website yg baik, bakal terbuka kesempatan berhubungan dengan banyak pihak. Saya sudah mengalaminya dan merasa bersyukur. Karena dari hal kecil yg saya curahkan di website, membawa efek yg besar. Bahkan pernah satu waktu, saya dikontrak setahun oleh satu perusahaan setelah melihat apa yg saya lakukan.

Saya selalu menekankan kepada siapa saja, bila ingin membangun portofolio di internet, buatlah semoga terlihat profesional. Keliru satu triknya dengan tidak membangun website gratisan. Ini penting bagi bisnis apapun yg dijual. Untuk mengatakan kemapanan dan kesejahteraan. Tidak peduli kerjanya sanggup di kamar atau toilet sekalipun.

Tidak perlu mahal untuk memulai. Ada banyak trik membuat website dengan harga murah tapi terlihat profesional. Di Indonesia banyak penyedia web hosting murah namun tetap berkualitas. Keliru satunya DomaiNesia.

Membuat satu website nampak profesional pun bukanlah kasus sulit. Semua hal sanggup dipelajari. Bahkan kepada mereka yg tidak paham sama sekali soal koding. Teknologi itu diciptakan bukan menyulitkan, semuanya untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Kaprikornus tidak ada ruginya mempunyai website. Karena bakal membuat kau terlihat paling andal dibidangnya. Bagi pengusaha pun bakal mempertontonkan dapat dipercaya bila punya website. Bahkan politisi dikala ini pun butuh website untuk dipilih.

Maka mulailah membuat halaman pertamamu di website! :)

0 Response to "Mengapa Setiap Orang Perlu Punya Website?"

Post a Comment