Cerita Aku Mencoba Tampilan Contempo Blogspot

Saya selalu tertantang untuk mencoba sesuatu. Melakukan eksperimen kecil-kecilan kemudian menceritakannya jadi semacam candu. Itu pula yg jadi akar masalah sampai alhasil BLOGOOBLOK hadir. Dari awal memang diniatkan untuk mengembangkan pengalaman sesuatu yg sudah saya lalui.

Jika ada yg sering berkunjung ke blog ini, niscaya dengan Mudah tahu apa saja yg berubah. Bahkan sanggup dikata mengalami perubahan besar setrik tampilan. BLOGOOBLOK dulu menggunakan custom template (belakangan Blogspot ikut menyebutnya Thema/Tema) Sederhana.

Baca Juga: Blogspot Ganti Template Kaprikornus Tema dan 4 Desain Baru

Dari tema Sederhana bawaan Blogspot itu, banyak yg terkesima, jika tidak mau disebut jijik, melihatnya. Tampilannya sederhana dengan beberapa widget di sidebar kanan. yg membuatnya tidak sama alasannya ialah ada iklan stiky yg menempel di kanan kiri.

Saya memang sengaja menggunakan tema bawaan Blogspot untuk membuktikan, bahwa tampilan sesedehana apapun bakal tetap menemukan pengunjungnya. Dan terbukti, meski tidak besar-besar amat mirip blognya Mas Sugeng, SekolahBlogger dan Klimania contohnya. Tapi pengunjung bulanan blog ini sanggup dikata, memuaskanlah, setidaknya dari evaluasi saya.

Saya menyebut beberapa blog di atas, alasannya ialah Alexa memberi bocoran jika mereka merupakan situs yg serupa tapi tak sama dengan pengunjung tumpang tindih. Alias, yg berkunjung ke blog Mas Sugeng sanggup jadi juga berkunjung ke BLOGOOBLOK.

Kembali ke masalah tampilan. Per hari ini, saya dengan kelingkaran tekat yg maksimal. Saya alhasil mengambil keputusan untuk merombak total tampilan. Keputusan ini tidak serta merta, cukup usang sampai alhasil saya berani melaksanakan itu.

Ada banyak pertimbangan mengapa saya melakukannya. Padahal semenjak setahun lalu, saya tahu jika Blogspot punya empat tampilan gres setelah lupa melaksanakan update. Mengapa gres kini saya mengubah dan mengapa tidak menentukan melaksanakan perubahan ke AMP saja.

Pertama: Mulai Bosan

Sejak saya buat 2014 silam, terhitung gres kali ini saya melaksanakan perubahan tampilan. Pun jika ada, paling hanya satu dua bab di tema yg saya utak atik. Waktu selama itu awalnya saya biasa-biasa saja, tapi kemudian muncul kejenuhan.

Setiap kali hendak melaksanakan update blog, saya selalu teralihkan dengan tampilan yg menoton. Tetiba bosan tiba menyerang dan alhasil saya urung melaksanakan update. Pun jika sempat tidak bakal bertahan usang untuk konsisten kembali.


Memang bukan melulu soal tampilan, faktor malas juga mengambil tugas ganda. Tapi tampilan selalu merusak mood. Akhirnya itu jadi semacam kebiasaan jelek.

Kedua: Performa yg Merosot

Sejak Google tak henti-hentinya melaksanakan perubahan, blog ini stagnan begitu-begitu saja. Orang-orang sudah mulai hijrah ke mobile, saya tetap kekeh mempertahankan pembaca destop. Alhasil, kejayaan yg dulunya sempat diraih perlahan mulai surut.

Peringkat BLOGOOBLOK di Alexa pernah mencapai angka 800 se Indonesia, kini terjungkal ke 5,317. Luar biasa membanggakan. Karena kesibukan di dunia kasatmata yg juga menyita waktu, saya tak punya keleluasaan menghabiskan energi melaksanakan updateting.

Alhasil, pengecekan kecepatan blog ini sebelum berbenah selalu merah. Jika bukan versi mobilenya yg merah, desktopnya yg begitu. Untunglah, dua jam setelah melaksanakan perombakan tampilan ke Contempo, semuanya jadi hijau. Memang belum 100 persen, tapi sudah ada jempol yg menancap.

Pun begitu dengan pengecekan apakah blog ini mobile-friendly alias ramah di gadget, mengatakan hasil yg menggembirakan.


Saya kemudian mengecek Google Analytics, yg dulunya perhitungan real time selalu didominasi destop, kini mulai berimbang. Setidaknya, pembaca dari mobile tidak gegabah meninggalkan halaman setelah tahu tampilan mobile blogspot datar tanpa espresi.

Ketiga: Penghasilan Menurun

Mungkin ini alasan yg hampir semua orang alami. Sejak memasuki tahun 2018, saya merasa pendapatan di Google Adsense sangat sulit. Pertama, alasannya ialah memang pengunjung yg tidak seramai dulu. Kedua, pembaca blog tutorial sudah terdidik dengan iklan, ketiga saya tidak sanggup bersaing dengan update Google yg juga terjadi di Adsense.

Tidak sanggup bersaing Maknanya ada beberapa jenis iklan Adsense yg lebih baik ditempatkan di versi mobile. Sementara tampilan BLOGOOBLOK, sekali lagi belum mobile friendly. Sehingga penerapan auto ads yg gres saja Adsense luncurkan serasa berat buat blog ini.

Pembaca BLOGOOBLOK dulunya lebih mayoritas desktop, sudah dipastikan penghasilan tidak banyak. Dari banyak laporan, bahkan Adsense pun melaporkan jika iklan kurun kini lebih mayoritas di versi mobile, sehingga kantong pendapatan saya teralihkan pelan-pelan.

Menyadari kekurangan semua itu, saya alhasil menentukan melaksanakan perubahan. Padahal, saya sanggup saja tetap mempertahankan tampilan semula dengan hanya menerapkan AMP. Tapi, sekali lagi, saya Musti jujur, belum hebat dengan itu dan tidak punya waktu banyak untuk mempelajari.

Kedepan saya hanya bakal fokus pada postingan, membuat Maknakel dan tidak lagi melaksanakan banyak utak-atik. Blog ini Musti mengikuti kemajuan, tidak melulu hanya soal tutorial mengubah header contohnya. Tapi gimana menumbuhkan minat supaya tercipta konten yg supaya. Meski membitrikkan hal teknis.

Baca Juga: Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian

Alasan menentukan Contempo pun tidak serta merta. Meski Saat pertama berkenalan dengan tema ini saya pribadi jatuh hati. Contempo berdasarkan saya lebih sederhana dan sesuai kepribadian blog ini. Saya hanya ingin menampilkan kesejukan dengan tidak berlebihan menempatkan iklan.

Blog ini sebagai tempat mengembangkan dan berjejaring, pendapatan hanyalah bonus. Kedepan, mungkin bakal ada beberapa perubahan yg bakal saya lakukan. Belum begitu banyak yg saya pelajari dari tampilan ini. Tapi kemudian saya belajar, bahwa semua Musti dengan keputusan yg tepat.

Awalnya saya takut, jangan-jangan pembaca bakal menghilang seiring dengan perubahan yg saya lakukan. Identitas BLOGOOBLOK bakal memudar alasannya ialah tidak lagi menampilan sosok yg dulu. Sosok yg sudah menempel dalam benak banyak pembaca.

Tapi sekali lagi, orang kesasar ke blog ini alasannya ialah konten, tampilan yg menarik dan lebih cepat ialah bonus yg membuat pembaca lebih betah. Tak masalah Saat ada yg menuduh tampilannya sama dengan blog yg lain. Di dunia ini kadang kita memang menggunakan baju yg sama. Tapi isi hati dan kepala setiap orang pastilah tidak sama.

Maka alhasil saya ucapkan selamat tiba di tampilan gres BLOGOOBLOK. Semoga makin kerasan berada di sini.

Salam kreasi. 

0 Response to "Cerita Aku Mencoba Tampilan Contempo Blogspot"

Post a Comment