Caranya Merawat Blog Sederhana Tapi Nampak Profesional



Mendengar kata blog, maka kita juga bakal berkenalan dengan profesi sebagai blogger. Saat ini telah banyak profesional blogger yg lahir dengan latar belakang ilmu tidak sama-beda. Mereka yakni Knowledge Worker yg pekerjaanya yakni pengetahuan itu sendiri.

Orang-orang ibarat ini bakal membuat medianya sendiri kemudian mengisinya dengan pengetahuan yg dikuasai. Internet telah banyak mengubah trik pandang dan trik membuatkan jauh lebih baik. Media mainstream pun tak hanya bersaing dengan sesama media, tapi dengan semua medium, termasuk blog.

Bahkan bahaya terbesar media mainstream yakni blogger profesional yg bisa menyajikan isu jauh lebih baik. Mungkin masih ingat dengan blogger perempuan asal Nigeria, Linda Ikeji, yg bisa menandingi kehebatan media arus utama di negaranya, dengan hanya bermodal blog yg awalnya gratisan.

(Baca Juga: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

Karena tidak menutup kemungkinan, blog yg awalnya dianggap biasa dan bersifat personal bakal bermetamorfosis jadi profesional. Arianna Huffington telah membuktikannya dengan The Huffington Post. Blog personal yg didirikannya bersama Kenneth Lerer, Jonah Peretti dan Andrew Breitbart sebagai kolumnis, bisa menjadi media arus utama di negeri paman sam.

Olehnya itu, BLOGOOBLOK pada postingan kali ini bakal memperlihatkan beberapa trik yg bisa dilakukan supaya merawat blog nampak profesional. Caranya ini tidak mesti ibarat yg dilakukan Huffingtong setrik utuh, namun cukup supaya menyebabkan blog pribadi yg nampak sederhana menjadi personal branding untuk diri sendiri.

1. Topik Jelas
Hal paling dasar supaya tampil layaknya pro, yakni topik pembahasan yg mendalam. Satu pembahasan yg mendalam sudah niscaya bisa dikuasai setrik teori dan prakteknya. Seseorang tidak bakal disebut dokter Jika ia sama sekali tak menguasai anatomi badan dan sebagainya. Begitu pula dengan blogger.

Blog yg punya topik terang bakal Mudah dikenali dan membangun citranya sendiri. Bukan tidak tidak mungkin ada blog dengan topik bermacam-macam yg juga bakal memunculkan gambaran pro, namun bakal sulit Jika tak ada satu topik mayoritas yg dikuasai dan ditonjolkan. Karena tidak banyak profesor yg menyandang dua keilmuan sekaligus di dunia ini.

Hanifa Ambadar, Keliru seorang blogger perempuan Indonesia yakni pola nyata, bagaiman topik yg ia pilih membawanya menjadi blogger profesional. Ia dengan jeli menentukan topik produk kecantikan sampai hasilnya melahirkan Female Daily Network yg diasuhnya sampai kini.

Beberapa orang mungkin bakal bertanya, gimana Jika saya tak menguasai satu topik tertentu. Jawabnya sederhana. Pilih topik yg membuat kau tertarik kemudian pelajari. Saya pun semenjak awal tidak begitu paham dengan dunia blogging, namun saya mempelajari dan mendalami setiap detailnya.

Topik yg dipilih tidak bakal serta-merta membawa kita menjadi profesional, namun topik yg didalami dan dikembangkan bakal menggiring kita kearah yg lebih baik. Usahakan menentukan topik yg kita inginkan, bukan yg orang harapkan.

2. Penulis Baik
Untuk apa bisa menguasai teknik tersulit, tapi tak bisa membuatkan pengetahuan dengan orang lain. Ilmu yg disimpan sendiri tak bakal bertambah dan ilmu yg dibagi-bagikan tak bakal berkurang. Seperti itulah filosofi dari aturan alasannya yakni jawaban dan saling membuatkan dalam ilmu pengetahuan.

Blogger yg kadar keilmuannya layaknya profesor mungkin banyak, namun Jika trik memberikan informasinya tidak baik, maka di dunia blog ia tak ada apa-apanya. Sebaliknya, blogger dengan teknik penulisan yg baik meski ilmunya pas-pasan bakal dengan cepat menerima lokasi di hati masyarakat.

Hal ini lantaran dunia blog lebih ramah bagi pembaca. Pengunjung yg tiba ke suatu blog, sudah barang niscaya mencari materi bacaan yg lezat dan menarik. Orang yg bisa menyebabkan bacaan dengan bahasan berat namun Mudah dipahami yakni orang yg jenius dalam penulisan.

Mungkin Anda bakal berkata, saya terlahir bukan sebagai penulis. Itu Maknanya Anda membodohi diri sendiri. Karena tidak ada orang yg lahir pribadi jadi penulis. Orang menganggap menulis yakni pekerjaan yg berat dan hanya bagi mereka yg ditakdirkan.

Namun, bagi blogger yg ingin nampak profesional, penguasaan ilmu setrik teori dan praktek saja tidak cukup. Blogger juga Musti bisa menguasai trik menulis yg baik.

Seorang fashion blogger contohnya, tidak bakal bisa memberikan ide dan gagasannya Jika ia tak bisa menulis dengan baik. Padahal blog nyawa utamanya yakni tulisan. Bagaimana goresan pena tersebut lezat dan Mudah dipahami oleh pembaca. Melalui tulisan, kita bakal membangun gambaran pribadi kepada khalayak ramai. Ingin dikenal sebagai apa?.

Intinya jangan malas. Setiap goresan pena yg acak-acakan bakal baik dengan sendirinya Jika terus diperbaharui. Ilmu itu akar utamanya yakni kemauan, bukan mukjizat.

(Baca Juga: 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

3. Brand
Apa yg Anda bayangkan Saat mendengar kata iPhone atau Steve Jobs. Sudah niscaya yg terlintas dalam benak kita yakni logo apel yg telah digigit. Begitulah trik merk bekerja. Ia bakal mengasosiasikan pikiran orang dengan perusahaan atau produk yg telah kita kenal.

Brand yakni reputasi yg kita ciptakan dibenak seseorang. Mungkin logo Apple telah berulang kali diubah, namun citranya tetap sama, buah apel dan bekas gigitan. Bayangan ini tak pernah hilang, lantaran semenjak awal itulah yg berusaha ditampilkan Steve Jobs.

Dalam dunia blogging hal ini pun berperan penting. Citra yg kita tonjolkan dari awal bakal berbekas dibenak orang-orang. Sehingga sangat penting bagi blogger yg ingin nampak profesional merumuskan brandnya matang-matang. Jangan sebulan sekali mengubah merk sampai dalam setahun ada 12 merk yg hendak diperkenalkan.

Karena memperkenalkan merk bukan perkara mudah, maka yg perlu dilakukan bakal konsistensi. Brand atau gambaran bagi seorang blogger bakal terbangun seiring dengan dua hal yg dibahas diatas. Brand tidak melulu Musti logo atau icon, tapi juga bisa dalam hal keilmuan. Misalnya, blog Maxmanroe dengan Internet Marketingnya.

Intinya, membuat merk yakni upaya seorang blogger membangun citranya dalam keilmuan yg ia dalami.

4. User Interface
Ada banyak anggapan, bahwa blogger profesional tidaklah melulu berkaitan dengan user interface. Saya berani taruhan, hal ini 100 persen Keliru. Karena user interface atau antarmuka pengguna, sangat penting posisinya dalam sebuah blog. Saya belum menemukan ada blog profesional yg tampilannya jelek.

Jelek dalam Maknaan tidak berlebihan dan norak. Karena untuk urusan design dan tata letak serta pemilihan warna, itu hanya duduk perkara selera. Kadar jelek suatu blog bersahabat kaitannya dengan komposisi yg ingin ditonjolkan. Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam mendesain blog supaya tidak menjijikan:

Jangan Memasang Widget Berlebihan

Segala sesuatu yg berlebihan pastilah tidak baik. Olehnya itu, dikala mendesain blog jangan menggunakan widget yg terlalu banyak. Ada beberapa blogger yg dengan bangganya memasang jam, kalender, menampilkan status IP pengunjung dan sebagainya. Jika bisa hilangkan semua itu.

Gunakanlah widget atau plugin yg proporsional. Jangan pula memasang widget yg tak ada kaitannya dengan blog. Itu hanya bakal memperjelek tampilan dan pengunjung bakal merasa risih.

Jangan Memutar Lagu di Blog

Orang mengunjungi blog kita bukan untuk mendengar lagu, tapi mencari sesuatu yg baru. Kecuali mungkin blog yg kau kelola mengulas soal lagu. Namun, jangan agarkan lagu tersebut play dengan sendirinya. Karena tidak semua orang suka dengan selera lagumu. Itu juga bukan hal yg keren.

Memutar lagu setrik otomatis juga bakal memperlambat loading satu blog, sehingga pengunjung bakal terganggu. Saya pernah mengunjungi blog yg tiba-tiba memutar lagu rock cadas. Ini sungguh sesuatu yg tidak kece, lantaran bukannya saya takjub, tapi berusaha damai dari suasana hati yg kacau balau. So don't do that!

Jangan Memasang Iklan Serampangan

Iklan bagi suatu blog sudah niscaya yakni hal penting. Namun, jangan lantaran tergiur dengan hasil yg besar, semua iklan dipasang dalam satu halaman. Saya tidak perlu menyebut blog yg norak ibarat itu di Indonesia. Yakin dan percaya saja, blog yg saya maksud cukup populer di tanah air tercinta ini.

Pasanglah iklan dengan komposisi yg baik, dimana konten yg dibentuk masih lebih menonjol dari posisi iklan. Saya sarankan, paling banyak slot iklan yg ditampilkan dalam satu halaman maksimal 3, Jika pun hendak ditambah, jangan lebih dari 5. Karena posisinya niscaya tak karuan.

Blog profesional juga tidak bakal menampilkan iklan yg senonoh dan merusak moral. Itu sangat tidak keren. Apalagi memasang iklan pop up yg memaksa kita membuka dan menutup halaman berkali-kali.

Jangan Menggiring Orang Mengklik Iklan

Ada juga beberapa orang blogger yg ibarat ini. Memasang pengumuman di blognya supaya pengunjung mengklik iklan yg dipasang. Jika kau menggunakan Google Adsense dan melaksanakan hal ini, maka tunggulah teguran alam (Google) yg membuatmu tersedu sedang.

Meminta orang untuk mengklik iklan sudah niscaya tidak profesional. Karena blogger bersangkutan lebih mengutamakan uang daripada layanan. yg tentu saja, si blogger tersebut menjatuhkan harga dirinya dengan nilai yg tidak seberapa, mungkin hanya senilai $0,00001.

Jangan Berdebat dengan Orang yg Komentar

yg satu ini lebih kepada perilaku seorang blogger. Tidak sedikit blogger yg murka Jika pengunjungnya memberi komentar yg membuatnya risih. Mereka malah terpancing untuk berdebat terbuka dengan pengunjung. Usahakan jangan bertindak ibarat ini, lantaran perilaku demikian bukanlah hal yg profesional.

Respon semua komentar yg masuk dengan damai dan sopan. Jangan pula meresponnya seolah-olah menggurui. Karena tidak semua orang ingin diperlakukan demikian. Musti diingat, blog yakni medium untuk memperlihatkan ide dan gagasan, sehingga Jika terjadi perbedaan pendapat itu hal yg biasa.

Jangan menggunakan Warna Terlalu Banyak

Meski diatas saya menyebut urusan warna itu duduk perkara selera, namun Maksud disini yakni komposisinya. Warna yg dipakai dalam blog, boleh apa saja. Asal jangan terlalu banyak. Komposisi warna yg dipakai usahakan tidak lebih dari tiga.

yg saya maksud disini yakni warna dasar yg dipakai di blog. Seperti BLOGOOBLOK ini yg hanya menggunakan dua warna dasar. Abu-abu dan putih. Sehingga semua elemen dalam blog ini ada kaitannya dengan dua warna mayoritas tersebut. Warna yg terlalu ramai bakal membuat mata pengunjung tidak fokus pada satu titik. Karena mata insan bakal selalu tertarik dengan warna yg menonjol.

(Baca Juga: 10 Manfaat Menjadi Blogger yg Musti/harus Diketahui)

5. Stop Newbie
Jika ingin menjadi profesional, maka berhentilah menjadi newbie atau pemula. Karena tidak ada pro yg newbie. Pro yakni pro dan bakal selalu memperlihatkan kualitas terbaiknya. Sedangkan perilaku newbie bakal selalu mencari trik supaya terlihat pro.

Seorang profesional tidak bakal mencuri Maknakel orang lain kemudian memasangnya kembali di blog. Jika pun terinspirasi dari goresan pena orang lain, beliau bakal mendaur ulang dengan pemanis yg lebih baik. Jika mengutip sesuatu dari blog orang lain, maka bakal disebutkan sumber dimana kutipan itu diambil.

Seorang pro juga bakal merawat blognya dengan baik. Keliru satu triknya dengan terus mengisi dengan konten yg bermanfaat. Updating yakni hal utama supaya blog bermetamorfosis jadi semakin profesional. Tidak banyak blog besar yg isinya hanya satu atau 10 Maknakel.

Jangan selamanya menjadi newbie. Bertekatlah supaya kelak menjadi profesional. Memang tidak Mudah dan mungkin banyak yg bakal gagal. Namun ingat, yg gagal itu lantaran dikuasai oleh perilaku pesimis dan pribadi yg malas. Seorang blogger profesional bakal merawat perilaku optimis dan punya perencanaan untuk masa depan.

Meski blog yg kita kelola hanyalah blog pribadi, tapi Jika dilakukan dengan trik-trik diatas, maka yg muncul yakni blog pribadi citarasa profesional. Kita bakal membangun gambaran itu dengan baik dan percaya saja, tak ada pengorbanan yg sia-sia.

Salam Blogger!
+Wisa Rahardi

0 Response to "Caranya Merawat Blog Sederhana Tapi Nampak Profesional"

Post a Comment