Apa Itu Logo Dan Bagaimana Caranya Membuatnya?


Sepintas nampak sederhana. Tapi banyak yg tidak tahu Jika membuat logo itu tidak mudah. Bagaimana ia mendeskripsikan produk atau jasa, hingga seberapa besar lengan berkuasa logo tersebut bertahan dan hidup di benak setiap orang. Website atau blog pun seharusnya mempunyai logo.

Tapi apa itu logo dan Perbedaan dengan merk mirip apa?

Penjelasan sederhananya, logo itu berupa gambar atau suatu skema yg mengandung Makna tertentu. Ia sanggup mewakili banyak hal, sanggup pengertian dari satu perusahaan, organisasi, produk hingga lambang negara.

Tujuannya semoga produk atau jasa atau forum bersangkutan sanggup diingat dengan Mudah sebagai ubah dari nama yg sebenarnya.

Sedangkan brand, ia juga merupakan identitas tapi tidak sekedar menggambarkan simbol (logo). Brand biasanya menambahkan slogan atau kombinasi warna yg selaras. Contohnya mirip Nike yg selalu berisi slogan "just do it" sembari menaruh logo centang yg khas miliknya.

Untuk postingan kali ini, kita hanya bakal fokus pada logo. Tapi jikalau kemudian kau mau sekalian menambahkan brand, itu pilihan.

Namun sebelum mumutuskan memdesain logo, kau Musti tahu dulu jenis-jenisnya. Beberapa pakar advertising yg mahir dibidangnya mengelompokkan logo dalam banyak jenis.

1. Lettermark atau Logo Monogram

Beberapa mahir juga menyebutnya Letter Form Logo. Yakni logo yg didasari dari inisial perusahaan. Bisa satu atau dua abjad hingga beberapa abjad dari perusahaan atau institusi yg bersangkutan. Biasanya logo ini dipakai untuk menegaskan kesederhanaan.

Contohnya logo, IBM, HP atau NASA.

2. Word Mark Logo

Logo jenis ini biasanya menggunakan nama perusahaan saja. Nama itu bakal dibumbui dengan ornamen atau simbol yg mendukung. Tapi setiap logonya ada filosofi yg menyertai. Bisa berupa warna atau menyelipkan slogan khusus yg tersirat.

Contohnya logo Google, Facebook, Cocacola atau Fedex.

3. Pictorial Mark Logo

Jenis logo ini lebih sederhana sebab hanya menampilkan simbol. Meski sederhana, logo macam ini bakal lebih usang diingat dan terus hidup di benak orang jikalau terus dipromosikan. Karena jenis Pictorial Mark ini mewakili identitas masing-masing perusahaan.

Contohnya logo Apple, Nike atau Twitter.

4. Abstrak Logo

Ada kemiripan dengan Pictorial Mark Logo. Tapi ada penambahan filosofi yg mewakili perusahaan dari simbol yg ditampilkan. Banyak perusahaan menggunakan jenis ini dalam satu desain saja sebab mewakili keseluruhan hanya dalam satu gambar. Blogooblok juga menggunakan jenis logo ini.

Contohnya logo Adidas, Pertamina, Indosat atau Blogooblok. :)

5. Maskot Logo

Maskot tentu saja jadi elemen utama dalam pembuatan logo jenis ini. Meski sulit diterapkan dibanyak medium, tapi jenis ini disukai sebab bentuknya yg unik. Dan orang bakal dengan Mudah mengenali dan mendapatkan pesan yg ingin disampaikan perusahaan bersangkutan.

Contohnya logo KFC, Michelin atau Starbucks

6. Shield Logo

Jenis ini mirip lencana atau segel. Dibentuk dari lambang atau abjad yg berada dalam satu simbol. Setrik tampilan memang lebih menarik. Tapi kurang aplikatif jikalau diaplikasikan di banyak sekali medium. Beberapa menyebut jenis ini dengan sebutan Emblem Logo atau Logo Lambang.

Contohnya logo BMW, Harley Davidson atau Chelsea Football.

Nah, setelah tahu jenis-jenis logonya. Silahkan merencanakan logo macam apa yg ingin kau buat. Untuk produk atau perusahaan yg kau idamkan. Ataupun website atau blog.

Jika mahir menggunakan aplikasi mirip Corel Draw kau sanggup membuatnya langsung. Tapi jikalau tidak mempunyai dan mahir menggunakannya. Ada banyak aplikasi online pembuatan logo yg sanggup digunakan. Keliru satunya The Hoth.

Buat kau yg mau mendesain logo, aku sudah mengembangkan video tutorialnya. Memang belum sempurna, tapi semoga sanggup membantu mu melahirkan logo yg menarik. Dan tentu saja gratis. Karena memesan logo itu tidak murah loh. :)

Simak selengkapnya. Sekalian Jika berkenang sanggup subscribe channel BLOGOOBLOK.


Salam!

0 Response to "Apa Itu Logo Dan Bagaimana Caranya Membuatnya?"

Post a Comment