Mau Tahu Baju Nano?

JAKARTA, KOMPAS.com- Teknologi nano memang belum terlalu terkenal di masyarakat. Namun teknologi ini diklaim sebagai teknologi terbaik Saat ini. Inti dari teknologi ini yakni merekayasa bahan pada ukuran nanometer.
"Intinya, bekerjsama merekayasa bahan diukuran nanometer, sehingga terjadi efisiensi materi," ujar Moko, Sekretaris Masyarakat Nano indonesia Saat ditemui di R&D Ritech Expo 2010 (21/08/2010).
Satu nanometer setara dengan 10 (pangkat) -9 meter atau satu per 9 juta milimeter. "Perbandingannya itu kayak bola bumi dengan bola pingpong, sangat kecil," ujar Moko.
Dalam dunia bisnis, penggunaan teknologi nano sanggup mengurangi biaya penggunaan material, tingkat kerapatan atom pada suatu benda sangat tinggi, sehingga penggunaan bahan pun bakal berkurang "Keliru satu manfaatnya yakni penggunaan bahan di industri jadi berkurang alasannya atom disusun satu per satu sehingga kerapatannya lebih tinggi " ujar Moko.
Nano teknologi Saat ini telah dipakai untuk kebutuhan manusia. Misalnya mirip kemeja dan jas. Percikan-percikan air tidak bakal meresap pada kemeja dan jas yg menggunakan teknologi nano. "Prinsipnya mirip daun talas. Karena daun talas mempunyai kerapatan tinggi makanya air tidak sanggup meresap," ujar Moko.
Selain itu teknologi nano juga sudah dipakai dalam kosmetik, pendingin ruangan, mainan anak-anak, sampai sol sepatu. Kedepan, teknologi nano bakal dikembangkan untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan manusia.
"Nanti bakal ada pakaian anti bakterian. Kaprikornus pakaian tersebut tidak perlu lagi dicuci alasannya tidak bakal menyerap kotoran dan bacin badan," ujar Moko lagi.
Selain itu, bakal dikembangkan juga obat-obatan yg menggunakan teknologi nano yg dipercaya bakal lebih ampuh alasannya lebih Mudah diserap tubuh.

0 Response to "Mau Tahu Baju Nano?"

Post a Comment