Belajar Html Dasar (2) : Persiapan Web Browser Dan Aplikasi Editor

Dalam seri mencar ilmu HTML dasar ini, sebelumnya telah kita bahas soal pengertain HTML setrik umum. Sebelum masuk ke aplikasi penerapannya (baca pembelajaran struktul) kita Musti mengenal dulu apa itu web browser. Hal ini sangat penting, sebab dekat kaitannya dengan HTML, tanpa web browser, tidak mungkin hasil editor HTML sanggup dinikmati banyak orang.

Banyak yg memulai mencar ilmu HTML sangat menyepelekan hal ini. Padahal mempelajari HTML tanpa web browser yg mendukung, sama saja sia-sia, sebab karnanya tidak bakal baik. Percaya deh!

Lalu Apa Itu Web Browser?

Saya yakin, penggiat internet niscaya sudah tahu bakal ini. Namun, setiap orang berbed-beda, jadi tak ada salahnya untuk mengulangnya kembali (sebagai penyegaran keilmuan).

Dikutip dari Wikipedia, Web Browser (atau biasa disebut browser) dijelaskan sebagai sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (www). Mungkin www tidak gila lagi bagi Anda, dan Keliru satu informasi yg ditampilkan itu dibentuk dalam format HTML.

Beberapa pola web browser ialah Mozilla Firefox dan Google Chrome  yg banyak digunakan didunia. Jika di smartphone, varian ini jauh lebih banyak lagi, ibarat Opera dan lain-lain.


Browser pertama yg muncul kepasaran ialah Internet Explorer. Saat pertama kali muncul, Internet Explorer sanggup menguasai 90 persen pengguna internet, namun sekarang Firefox dan Chrome paling banyak digunakan. Internet Explorer ditinggalkan sebab tidak mendukung standarisasi HTML yakni W3C (World Wide Web Consortium).

W3C ini telah dirancang khusus sebab awalnya tiap-tiap aktivitas web browser menerjemahkan kode-kode HTML setrik berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yg sama untuk seluruh browser. Internet Explorer yg dulu menepkan standar sendiri, sekarang sudah mulai menerapkan W3C.

Untuk mempelajari HTML, web browser ialah perangkat utama yg kita butuhkan. Ibarat bahasa pemograman lainnya, Web Browser ialah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas Memakai web browser yg disukai, namun bloGoooblok dikala membuat goresan pena ini Memakai Google Chrome Versi 34.0.1847.116 m. Silahkan gunakan browser versi terbaru, sesuai yg Anda inginkan.

Memilih Editor HTML 

Selain web browser yg penting dalam mempelajari HTML, aplikasi editor HTML juga besar peranannya. Aplikasi ini, bekerjsama sanggup saja yg sederhana, misal Notepad bawaan dari sistem operasi komputer Anda, namun notepad bawaan sistem operasi itu punya banyak kelemahan.

Olehnya itu, persiapan sebelum mempelajari HTML lebih jauh ialah aplikasi yg memadai. Pada proses pembelajaran ini kita bakal Memakai Notepad ++. Anda sanggup mendowload setrik gratis di web aslinya, dan carilah versi terakhir yg tersedia.

Saat goresan pena ini dibuat, versi Notepad ++ yg tersedia ialah 6.5.5. Versinya bakal terus berubah seiring waktu. Silahkan download disini.


Selain Notepad ++ aplikasi anyal lainnya yg sering digunakan ialah  Adobe Dreamweaver. Hanya saja, aplikasi ini punya versi berbayar dan tidak cocok bagi pengguna kere ibarat saya. Tapi Jika Anda berniat Memakai  Adobe Dreamweaver tidak ada salahnya, silahkan cari aplikasinya dan gunakan dengan baik.

Keunggulan  Adobe Dreamweaver dibanding Notepad ++ memang banyak. Dreamwever tidak hanya sanggup digunakan untuk sebuah text editor HTML saja, namun juga untuk banyak sekali bahasa pemograman web lainnya, ibarat Javascript dan PHP. Tapi apapun itu, asal Mudah dan lezat dipakai, silahkan saja.

Intinya, dua persiapan diatas, web browser dan aplikasi editor ialah harga mati yg perlu ada Jika hendak mencar ilmu HTML. Silahkan gunakan yg berdasarkan Anda paling sesuai.


0 Response to "Belajar Html Dasar (2) : Persiapan Web Browser Dan Aplikasi Editor"

Post a Comment