Belajar Html Dasar (3) : Mengenal Tag, Elemen Dan Atribut

HTML sekali lagi saya katakan bukan bahasa pemprograman, namun  bahasa struktur yg fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman. Karena merupakan bahasa struktur, itu berMakna HTML memiliki pola dan susunan yg baku. Susunan ini disebut sebagai Tag, Elemen dan Atribut.

Setrik umum, struktur dasar HTML berbentuk menyerupai ini :

<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
        Isi Dokumen
</body>
</html>

Dari struktur yg terdapat diatas, kita sanggup mengenal Tag, Elemen dan Atribut. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yg memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yg dispesifikasikan. supaya lebih Mudah memahami, penjabarannya bakal kita bagi dalam beberapa bagian.

Mengenal Tag HTML

Tag Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">" (tanpa tanda kutip) yg merupakan trik untuk memberitahu web browser gimana suatu text ditampilkan. Hampir semua tag dalam HTML ditulis setrik berpasangan (beberapa berupa tag tunggal), tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yg dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup.

Sebagai pola pada script diatas, <body> ialah tag dengan nama body.
Karena ditulis setrik berpasangan, maka tag <body> pembuka Musti memiliki penutup. Penulisan tag epilog ditambahkan karakter "/" Setelah karakter "<", sebagai pola <body> ini ialah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini ialah tag epilog isi dokumen HTML.

Mengenal Elemen HTML

Elemen ialah isi dari tag yg berada diantara tag pembuka dan tag penutup. Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai pola untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser dipakai element title.

Merujuk pada pola script diatas, maka <title> ini ialah tag pembuka judul dokumen HTML. Kata-kata Judul Dokumen HTML merupakan isi judul dokumen HTML dan </title> ialah tag epilog judul dokumen HTML. Penulisan lengkapnya menyerupai ini <title>Judul Dokumen HTML</title>

Musti diingat, dikala menulis elemen HTML jangan hingga saling tumpang tindih. Misal :

<p>
    <b>
        ................
    </b>
</p>

Jangan hingga ditulis :

<p>
    <b>
        ................
    </p>
</b>

Lihat barisan elemen <p> yg pertama, pasangan risikonya adalah <b>. Jika pola yg Anda gunakan menyerupai itu, maka yakin dan percaya, script yg Anda buat hingga simpulan zaman tidak bakal berfungsi.

Mengenal Atribut HTML

Atribut ialah informasi embel-embel yg diberikan kepada tag. Informasi ini sanggup berupa arahan untuk warna dari text, besar karakter dari text, dan lain-lain. Setiap atribut juga memiliki pasangan nama dan nilai (value), dan ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, boleh tanda kutip satu (‘) atau dua (“).

Penulisan Musti berada diantara tag pembuka dan penutup, Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya ialah <body bgcolor="black" text="yellow">

Latihan 

supaya lebih Mudah dipahami, kita bakal membuat pola script HTML dasar. Seperti yg saya katakan pada postingan mencar ilmu HTML sebelumnya, web browser dalam hal ini diperlukan, begitu pula dengan aplikasi editor. Kali ini saya Memakai Google Chrome sebagai browser dan Notepad ++ sebagai aplikasi editor.

  • Pertama-tama buka Notepad ++ Anda dan tuliskan scrip berikut

<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
<body bgcolor="black" text="yellow">
    Isi Dokumen (Belajar HTML bersama bloGoooblok )
</body>
</html>

Tampilannya di Notepad ++


  • Setelah itu simpan file dengan format .html
  • Kemudian buka file yg disimpan ke web browser.


  • Maka tampilannya bakal menyerupai gambar berikut. Judulnya "Judul Dokumen HTML", isinya " Isi Dokumen (Belajar HTML bersama bloGoooblok )" dan latar belakang goresan pena berwarna hitam, serta tulisannya berbarna kuning.


Gimana, mencar ilmu HTML Mudah bukan!. Semoga klarifikasi diatas, sanggup lebih Mudah dipahami. Kita bakal melanjutkan pembahasan pada postingan selanjutnya. Soal Tag, Elemen dan Atribut masih memiliki banyak varian, kita bakal mengenalnya nanti. Belajarnya Musti setahap demi setahap.


0 Response to "Belajar Html Dasar (3) : Mengenal Tag, Elemen Dan Atribut"

Post a Comment