Caranya Mudah Mengubah Jumlah Kolom Blogspot

Sejak pertama kali dibuat, bloGoooblok hanya memiliki dua kolom, yakni kolom postingan utama dan kolom sidebar disebelah kanan. Tampilannya memang konvensional, menyerupai bawaan semula dari template sederhana milik blogspot. Sengaja dibentuk demikian semoga terlihat alami. (Baca Caranya Membuat Blog Blogspot Dari Awal)

Namun seiring waktu, saya menyadari perlu ada penyegaran tampilan. Kami pun merubahnya menjadi tiga kolom. Satu kolom sidebar di sebelah kiri, kolom postingan utama dan satu lagi kolom sidebar di sebelah kanan. Dengan Mengubah menjadi tiga kolom menyerupai ini, bakal memberi kita ruang lebih banyak untuk memberi instrumen baru.

Karena melaksanakan perubahan fundamental pada tampilan atau template, tentu saja beberapa pengaturan yg dilakukan sebelumnya juga ikut berubah.

Mengenal Bagian Perancangan Blogspot

Jika ini dilakukan lima tahun silam, mungkin trik Mengubah jumlah kolom pada blogspot bakal sangat langka dilakukan oleh blogger. Itu karna, dulu bila hendak Mengubah jumlah kolom kita Musti berurusan dengan script HTML. Namun sekarang, blogger menyediakan ini jauh lebih Mudah dengan adanya bab perancangan blogspot.

Bagian ini merupakan yg paling disenangi oleh blogger, utamanya yg tidak paham sama sekali dengan utak atik script. Pada bab perancangan ini, kita dengan leluasa sanggup Mengubah template sesuka hati, ada pula preview-nya sebelum kesudahannya benar-benar bakal kita rubah. Intinya bab perancangan ini sangat membantu.

Caranya Praktis Mengubah Jumlah Kolom Blogspot

Keliru satu yg ada pada bab perancangan ialah pengaturan soal kolom. Dibagian ini, blogspot memberi kita beberapa pilihan jumlah kolom yg ingin dipakai. Bisa hanya satu, tiga, bahkan tanpa sidebar sekalipun sanggup kita buat disini. Menyesuaikan lebar blog juga sanggup kita lakukan disini.

Baca juga Caranya Memasukkan Gambar Dalam Postingan Blog

Lalu gimana menggunakannya, dalam postingan ini, pola yg kita gunakan ialah perubahan pada jumlah kolom bloGoooblok . Berikut penjabarannya :

  • Untuk masuk ke bab perancangan blogspot, pertama-tama Anda login dulu, kemudian pilih tab Template kemudian klik Sesuaikan. 


  • Saat dihalaman perancangan, pertama-tama klik bab Tata Letak. Bakal muncul beberapa pilihan kolom yg disediakan oleh blogspot, pilih Keliru satu yg berdasarkan Anda sesuai, disebelah kanannya pun terdapat pilihan untuk jenis footer atau kaki-kaki blog. Silahkan dipilih dan lihat previewnya dibawah. 


  • Jika telah menemukan tampilan yg sesuai, selanjutnya klik tab Sesuaikan Lebar. Karena melaksanakan perubahan jumlah kolom, kemungkinan besar, lebar blog tidak lagi sesuai dengan yg pertama. Misal Anda Memakai tiga kolom menyerupai blog ini, maka tampilannya tanpa Mengubah lebar bakal amburadul, alasannya ialah lebar sidebar kiri dan kanan bakal sama, yakni 180px, olehnya itu perlu dilakukan perubahan. Silahkan dipilih seusia dengan kebutuhan, lebar blog setrik keseluruhan juga sanggup dirubah sesuai dengan proporsi tampilan. 


  • Jika semua telah diatur dengan baik, silahkan klik tombol Terapkan ke blog yg terletak di pojok kanan atas. 

Dengan Mengubah tampilan blog menjadi tiga kolom, bakal memberi kita space lebih untuk menambahkan widget atau bahkan script iklan suatu waktu. Namun Musti diingat, janganlah terlalu sering melaksanakan perubahan, apalagi bila yg Anda rubah ialah tamplate setrik keseluruhan (file xml).

Baca juga Caranya Menghilangkan Navbar dan Elemennya Pada Blogger

Dengan sering Mengubah tamplate, perubahan pada search engine juga terasa. Kaprikornus bila ingin melaksanakan perubahan (Mengubah seluruhnya) pikir-pikir dululah. Namun bila memang sudah mendesak, tak apa juga.

Satu lagi yg Musti diingat. Bagian perancangan blogspot diatas, tidak bakal sanggup digunakan setrik maksimal bila Anda Memakai template dari pihak ketiga. Bagian ini hanya khusus untuk template bawaan blogger semoga sanggup dimaksimalkan sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Caranya Mudah Mengubah Jumlah Kolom Blogspot"

Post a Comment