Caranya Membuat Blog Gratis Di Wordpress

Era media umum dikala ini tidak terlepas pula dari kebiasaan nitizen melaksanakan blogging. Indonesia sendiri, gres diterjang angin kencang blog dalam satu dekade terakhir dan tiap tahunnya mengatakan peningkatan. Banyak alasan yg memotivasi orang-orang menggeluti dunia blog.

Ada yg hanya sekedar coba-coba, sebagai sarana mengasah kemampuan diri dalam menulis sampai yg benar-benar serius dengan menyebabkan blog sebagai ladang mencari uang. Sudah banyak buktinya, namun tidak  semudah yg dijanjikan. Semuanya perlu usaha.

(Baca: Apa Itu Google AdSense?)

Terlepas dari apa motivasi kita membuat blog, pengetahuan awal tentu Musti dimiliki. Di dunia blog sendiri, ada banyak pilihan layanan gratis yg tersedia, mulai dari Blogger, WordPress, Tumblr, Weebly, Webs, Jigsy dan masih banyak lagi.

bloGoooblok sendiri Memakai layanan Blogger. (Baca: Caranya Membuat Blog Blogspot Dari Awal). Namun kali ini kita bakal mencoba membuat blog dari layanan WordPress. WordPress intinya yakni penyedia weblog yg berbayar, namun juga punya layanan gratis, dan itulah yg bakal kita bahas.

Pembahasan ini, bagi mereka yg telah jago tentu tidak berguna, tapi bagi yg gres berkecimpung di dunia blog tentu bakal menjadi satu pertimbangan tersendiri.

Banyak nitizen menentukan WordPress Script untuk dipakai sebab bisa menggunakannya untuk domain dengan hosting sendiri ataupun dipakai setrik gratisan serta pilihan aplikasinya yg beragam.

Lalu gimana membuatnya?
  • Langkah pertama yakni membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda http://id.wordpress.com 
  • Setelah halaman WordPress terbuka silahkan klik tombol “Buat Situs Web”.
  • Bakal muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda bakal diminta mengisi kolom-kolom, ibarat alamat surel atau email Anda, nama pengguna (untuk login), password atau kata sandi dan alamat blog yg diinginkan.
  • Jika telah tercentang seluruhnya dibagian bawah URL bakal nampak pilihan layanan berbayar, klik saja goresan pena "Tidak, terima kasih! Saya bakal Memakai alamat yg gratis"
  • Lalu kursor laman ke halaman paling bawah dan klik Buat Blog dikolom gratis. 
  • Pada tahap ini blog Anda telah jadi, namun Musti mengikuti beberapa langkah untuk pengaturan. 
  • Langkah 1 yakni mengatur blog Anda. Silahkan membuat judul blog, slogam dan bahasa yg ingin digunakan. Lalu lanjutkan ketahap selanjutnya. 
  • Langkah 2 untuk menentukan Tema. Pilih Keliru satu yg gratis saja kemudian klik Langkah Selanjutnya. 
  • Langkah 3 yakni penaturan tema, disini bisa mulai Mengubah tampilan blog mulai dari gambar header sampai jenis tulisan. Jika selesai, lanjut ke tahap selanjutnya. 
  • Langkah 4 yakni opsi untuk mengaitkan blog dengan jejaring sosial ibarat Twitter dan Facebook. Jika berkenang, silahkan klik masing-masing, Jika tidak lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Tahap terakhir yakni melaksanakan verifikasi. WordPress telah mengirim email verifikasi ke email yg digunakan. Klik dan Anda bakal bebas Memakai blog gratis WorpPress selamanya. 

Praktis Bukan!

Catatan Penting:
  • Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan menambahkan /wp-admin. Contoh esaymu.wordpress.com/wp-admin, kemudian masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat dari awal Saat membuat blog di WordPress. Atau trik mudahnya dengan mengunjungi laman id.wordpress.com kemudian log masuk. 
  • Simpan username dan password Anda dengan baik, sehingga Mudah dipakai Saat Anda ingin login ke blog Anda.

Jika masih belum begitu mengerti wacana blog, ada baiknya membaca juga goresan pena ini "Apa Itu Blog?" dan apa "Pentinganya Menjaga Postingan Blog dengan Lisensi". Semoga bermanfaat.


0 Response to "Caranya Membuat Blog Gratis Di Wordpress"

Post a Comment