Apa Itu Alexa Internet Dan Keuntungannya Buat Blog?

Bagi sebagian besar blogger mungkin sudah tidak absurd lagi dengan kata Alexa. Namun tidak sedikit pula yg kurang paham apa itu Alexa dan keuntungannya buat blog.


Dikutip dari laman Wikipedia, Alexa Internet, Inc yakni sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yg berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.

Kata-kata traffic web itu menyimpulkan fungsi utama dari Alexa. Dia menyediakan akomodasi isu ihwal rangking/peringkat suatu situs, yg didasarkan pada jumlah trafik atau pengunjung yg masuk ke situs tersebut

(Baca: Caranya Praktis Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger)

Makara pada dasarnya, rangking Alexa sangat penting adanya bagi seorang blogger. Karena dengan begitu, kita dapat mengetahui seberapa terkenal blog atau web kita di internet. Apakah banyak yg mengunjungi atau tidak ada sama sekali?.

Tapi soal penting atau tidak ini, kembali pada motivasi kita membuat blog. Jika ingin memonetize blog, peringkat Alexa ini penting, tapi bila hanya ingin bersenang-senang dengan membuat catatan harian, Alexa bukanlah hal yg utama.

Lalu peringkat menyerupai apa yg dikatakan cantik oleh Alexa?

Seperti halnya perengkingan di kelas Saat sekolah, menyerupai itulah Alexa bekerja. Semakin kecil rengkin Alexa maka semakin bagus. Sebagai contoh, bloGoooblok Saat goresan pena ini dibentuk (Senin 19/1/2015) posisi Alexa-nya tidak mengecewakan ramping.

Untuk rangkin global, bloGoooblok menduduki peringkat 412,920 dan untuk di Indonesia peringkat 10,299. Tentu posisi ini masih sangat besar untuk dikatakan ramping, namun sudah jauh lebih tidak mengecewakan dibandingkan awal-awal membuat blog.


Selain mengetahui kedudukan blog atau web kita dimata nitizen, Alexa juga menyajikan banyak isu pendukung untuk meningkatkan trafik.

(Baca: Caranya Memakai Webmaster Tools)

Ada isu ihwal berapa usang seseorang Saat berkunjung ke blog kita sampai kata kunci apa saja yg diketikan nitizen di Google untuk menemukan URL kita. Jumlah link yg bertautan dengan blog juga dijabarkan.

Hanya saja, bila Memakai setrik gratis isu ini terbatas, untuk mengetahuinya lebih jauh silahkan Memakai layanan berbayar.

Seberapa akurat perangkingan Alexa?

Untuk pertanyaan diatas saya tidak dapat pastikan 100% data Alexa itu benar. Namun sejauh ini, satu-satunya perangkingan internet yg kredibel yakni Alexa.

Hal ini mengacu fakta yg ada. Pada tahun 2014 kemarin, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web setrik global maupun dalam satu negara tertentu, dan banyak sekali isu lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yg terdaftar.

Situs web Alexa pun dikunjungi oleh lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Perusahaan ini juga menyediakan toolbar yg dapat dipasang di browser.  Toolbar ini telah terpasang di banyak komputer yg menjadi alat ukur Alexa dalam mengidentifikasi piranti mana saja yg mengakses website apa saja. Itulah yg membuat data Alexa terpercaya.

Hebat bukan!

Makara bila belum mengecek rangking blog Anda, cobalah sekali-kali melakukannya. Kunjungi lamannya di www.alexa.com. Selamat mencoba!


0 Response to "Apa Itu Alexa Internet Dan Keuntungannya Buat Blog?"

Post a Comment