Menambahkan Contact Form Di Sidebar Blogger

Akhirnya blogger menghadirkan juga widget formulir kontak atau contact form miliknya sendiri. Memang ini sudah terbilang lama. Namun, kini Anda tidak lagi Musti bergantung pada pihak ke-3 untuk membuat formulir kontak tersebut.

Pada postingan terdahulu, bloGoooblok pernah membahas Caranya Membuat Layanan Contact Us di Blog dengan Memakai 123ContactForm.

Pada postikan ini, kita bakal membahas gimana menambahkan Contact Form di Blogger, khususnya dibagian sidebar. Anda juga sanggup menambahkan formulir kontak yg sama pada halaman terpisah dan menyesuaikannya Jika Anda ingin. (Baca: Memindahkan Widget Contact Form ke Halaman Blogger).

Menambahkan formulir kontak untuk Blogger kini sangat mudah. Langkah-langkah berikut bakal memandu Anda dalam menambahkan formulir kontak sebagai widget sidebar.

Namun sebelum menambahkan kontak form ini, banyak blogger yg bertanya. Untuk apa?

Sebenarnya pertanyaan diatas sangat Mudah dijawab. Karena dengan widger kontak form ini, pengunjung sanggup dengan Mudah mengirimkan pesan kepada Anda pribadi dari blog.

Anda tidak perlu mengungkapkan alamat email ke web untuk menyediakan pengguna dengan pilihan untuk menghubungi Anda.

Jika suka mendapatkan saran, pertanyaan atau balasan lain dari pengguna atau pengunjung, ini ialah pilihan tepat. Karena sangat Mudah dan tidak memerlukan isyarat pihak ke-3 yg bakal ditambahkan ke blog. Hebat bukan!

Caranya Menambahkan Widget Contact Form di Sidebar Blogger
  • Login ke Dashboard Blogger Anda
  • Klik Layout atau Tata Letak
  • Klik Tambahkan Gadget di bab Sidebar kemudian pilih Gadget Lainnya dan tambahkan Formulir Kontak. 
  • Setelah itu bakal muncul halaman konfigurasi. Silahkan ubah nama widget tersebut sesuai harapan kemudian klik Simpan. 

Setelah ditambahkan, pada laman blog Anda niscaya bakal muncul lembar formulir. Lembar formulir itu memiliki form input ibarat berikut:


  1. Nama - Nama pembaca yg mengirimkan pesan
  2. Email * - Alamat email pembaca yg mengirimkan pesan. (Musti/wajib)
  3. Pesan * - Pesan yg pembaca ingin mengirimkan kepada Anda. (Musti/wajib)

Bentuk Contact Form ini memiliki validasi yg akurat dan dijamin tidak bakal meleset dari alamat email yg dituju. Meskipun setrik bentuk tidak memiliki validasi captcha, namun kemungkinan besar form ini tidak bakal diserang oleh spam bots sebagai tombol kirim yg dipicu oleh JavaScript.

Saat pembaca mengirim pesan melalui form kontak, Anda bakal mendapatkan pribadi di kotak masuk email Anda. Salinan pesan ini bakal dikirim ke setiap pengguna admin blog, Jika Anda mengelo blog lebih dari satu email.

Sebagai contoh, berikut ialah pesan uji coba yg dilakukan bloGoooblok


Anda sanggup pribadi membalas kembali pesan itu ke pengirim dari email Anda. Formulir ini juga sanggup diubah tampilan dan nuansanya dari bentuk kontak dengan mengubah gaya CSS.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut wacana trik menambahkan formulir kontak ini, silahkan beritahu dan saya bakal dengan bahagia hati membantu. Anda sanggup menghubungi saya melalui komentar atau laman Hubungi Kami.

Selamat!


0 Response to "Menambahkan Contact Form Di Sidebar Blogger"

Post a Comment