Penjelasan Dan Syarat Menciptakan Privacy Policy

Privacy Policy merupakan syarat mutlak bagi setiap website atau blog yg dikelola setrik serius. Baik itu situs berita, e-commersil sampai blog-blog gratis yg serius menekuni bisnis online.

(Baca: Caranya Praktis Membuat Privacy Policy Buat Blog).

Walau ada trik Mudah dalam membuatnya, namun bloGoooblok tidak menyarankan hal itu dilakukan. Hal ini karna, privacy policy atau kebijakan privasi setiap blog tidak pernah sama. Oleh alasannya itu, ada baiknya, kebijakan privasi ini dibentuk sendiri.

bloGoooblok memasang privacy policy dengan format bahasa Indonesia. Itu karna, seluruh isi blog ini berbahasa Indonesia, sehingga kebijakan privasinya juga Musti berbahasa Indonesia. Lihat disini.

Kami paham, masih banyak yg belum mengerti apa sebetulnya Maksud dengan privacy policy dan apa saja syarat yg diharapkan untuk membuat privacy policy. Oleh alasannya itu, goresan pena ini saya buat.

Setrik umum, privacy policy yaitu sebuah penyataan atau dokumen aturan yg mengungkapkan beberapa atau semua trik mengumpulkan, Memakai, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien.

Jika dijelaskan setrik rinci, privacy policy ini mengharuskan kita memberi klarifikasi umum kepada pengunjung atas seluruh kebijakan pengaturan blog yg terpasang. Begitu juga dengan kebijakan data pengunjung dan trik menanganinya (mengelola).

Ada banyak hal menjadi persyaratan untuk membuat privacy policy, namun seluruh persyaratan ini tidak mutlak dan terbatas pada bab tertentu saja. Tergantung inti dari blog atau website bersangkutan. Namun berikut yaitu beberapa syarat umum yg Musti ada dalam privacy policy:

  • Data langsung pemilik blog. Data ini tidak terbatas hanya pada nama, alamat, tanggal lahir atau sebagainya, tapi juga dapat kepada data kelompok dan individu lainnya. Lebih baiknya lagi Jika mencantumkan kontak.
  • Informasi buat pengguna atau pengunjung. Data ini berupa kebijakan blog yg Musti diketahui oleh pengguna, ibarat informasi terindentifikasi personal, misal cookies dan teknologi lainnya, IP address sampai log files.
  • Penggunaan informasi dalam blog atau website. Bagian ini berisi kebijakan analisa statistik yg kadang dijalankan oleh pengelola blog, perihal kebijakan iklan, e-mail newsletter sampai pemberian dan keamanan informasi.
  • Kepatuhan hukum. Bagian ini hanya menunjukkan informasi singkat perihal kebijakan hukum. Ada baiknya membuat bab ini dalam versi lainnya, misal laman soal Syarat Layanan dan Sanggahan.
  • Penutup. Ini hanya informasi perhiasan yg dapat berubah suatu waktu. Lebih baik lagi Jika punya lisensi. (Baca: Pentinganya Menjaga Postingan Blog dengan Lisensi).

Jika Anda memang berniat serius dalam bisnis online, privacy policy yaitu syarat mutlak sebuah website atau blog. Daripada membuat privacy policy setrik instan, ada baiknya dibentuk sendiri. Selamat mencoba...


0 Response to "Penjelasan Dan Syarat Menciptakan Privacy Policy"

Post a Comment