Apa Itu Feedburner Dan Bagaimana Membuatnya?

Dikalangan blogger, FeedBurner niscaya sudah tidak aneh lagi. Layanan gratis dari Google ini punya banyak kegunaan baik untuk meningkatkan trafik khususnya pembaca tetap ataupun untuk mengoptimalkan iklan, utamanya Google Adsense. (Baca Caranya Mendaftar Google Adsense dari Blogspot).

Namun tak sanggup dipungkiri, sampai Saat ini masih banyak juga blogger yg belum mengetahui Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?. Dalam kesempatan ini kita bakal membahas FeedBurner, pembahasan bakal kita bagi dalam dua bagian.

Apa Itu RSS FeedBurner?

Pertama-tama kita kenali dulu, Apa Itu RSS? RSS (Really Simple Syndication) berMakna alat yg bakal mengambil konten terbaru dari situs Anda, Jika tertarik dan menarik mereka ke pembaca feed Anda di mana Anda sanggup membaca semuanya dalam satu lokasi daripada mengunjungi setiap situs setrik terpisah.

Sementara klarifikasi resmi FeedBurner ialah sebuah web-based tools yg menawarkan kita fasilitas untuk mempromosikan dan memanage blog setrik utuh. FeedBurner didirikan pada 2004 silam. Awalnya merupakan layanan tersendiri, namun alhasil diakusisi oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika merujuk pada klarifikasi Wikipedia, FeedBurner merupakan layanan administrasi umpan web (web feed), yg terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yg berbasis web.

Layanan ini menyediakan analisis kemudian lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yg sanggup dipilih.

FeedBurner sendiri memiliki banyak fitur, contohnya pengecekan statistik meningkatkan setrik optimal feed. Banyak blogger yg bertanya, untuk apa Memakai FeedBurner? Apa untungnya dan sebagainya. Apalagi blogspot setrik defult-kan memiliki layanan feed tersendiri.

Alasan mengapa Memakai FeedBurner alasannya ialah pengguna bakal diberi fasilitas mempublikasikan konten semoga orang lain lebih Mudah untuk melaksanakan subscribe dan pendistribusian feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Pengguna FeedBurner juga sanggup menganalisis traffic yg berlangganan feed, menyerupai melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yg mereka sukai. Layanan lain dari FeedBurner bakal kita bahas dipenjabaran lain Komplit dengan trik mengoptimalkannya.

Bagaimana Membuat FeedBurner?

Sebenarnya, Saat pertama kali kita membut blog (Baca Caranya Praktis Membuat Blog dari Awal) Feed telah aktif otomatis. Setiap blogspot memiliki struktur feed menyerupai ini http:// nama-blog-Anda.blogspot.com/feeds/post/default?alt=rss.

Namun feed defult blogspot ini tidak memberi kita keleluasaan melaksanakan optimalisasi. Olehnya itu, perlu membuat atau mendaftarkan blog di FeedBurner, triknya sebagai berikut.

  • Pertama-tama buka link ini feedburner.google.com, kemudian login Memakai email Gmail Anda, khususnya yg Anda pakai diakun blogspot. 
  • Setelah login, pada kotak isian dibawah goresan pena Burn a feed right this instant. Isikan blog yg Anda ingin daftarkan, kemudian klik Next. 
  • Pada "Identify Feed Source", Pilih source/sumber feed sesuai yg Anda inginkan, dan klik Next. 
  • Pada halaman "Welcome! Let us burn a feed for you." tentukan judul dan alamat FeedBurner (URI) dari feed gres Anda dan kemudian klik Next. Jika Anda hanya punya satu blog, pilihan bakal setrik otomatis, namun Jika lebih dari satu, pilih blog mana yg bakal Anda daftarkan. 
  • Halaman selanjutnya "Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?" pribadi saja klik Next, ini hanya gosip ucapan selamat, begitu juga pada halaman setelahnya "Configure Your Podcast and Tell iTunes How To List It
  • Pada halaman selanjutnya, Analyze Traffic atau "Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics." pilih Clickthroughs dan I want more! kemudian klik Next.
  • Anda bakal mendapat halaman dengan pesan You have successfully updated the feed "Nama Blog Anda". BerMakna Anda telah berhasil memperbarui feed blog Anda. Selesai!
Kini Anda telah berhasil mendaftarkan blog ke FeedBurner, Jika ingin melihat alamat FeedBurner Anda ketiksaja URL menyerupai ini http://feeds.feedburner.com/blogoooblok (Ganti blogoooblok dengan nama FeedBurner yg Anda daftarkan tadi). Praktis bukan.

Selanjutnya, kita bakal membahas trik mengoptimalisasi FeedBurner.

Namun tidak ada salahnya Jika Anda Memakai layanan FeedBurner untuk berlanggaran Maknakel di blog ini. Silahkan isikan alamat email Anda pada kotak subscribe di sidebar. Insya Allah, bloGoooblok bakal menyediakan Maknakel supaya dan bermanfaat, alasannya ialah itulah nyawa blog ini. Terima kasih!


0 Response to "Apa Itu Feedburner Dan Bagaimana Membuatnya?"

Post a Comment