Caranya Mudah Mengubah Tampilan Blogspot

Banyak blogger yg tidak mau susah payah mendesain atau mengutak atik tampilan blognya. Apalagi template bawaan blogspot bagi sebagian orang tidak menarik sehingga cenderung mengambil template jadi yg telah dimodifikasi oleh webmaster lain.

Padahal template bawaan blogspot Saat dimodifikasi juga dapat tampil menarik, ibarat blog ini. hehe

Hanya saja, tidak semua juga paham gimana Mengubah tampilan tersebut sesuai dengan keinginan. Maka dari itu dalam postingan ini, kita bakal membahas gimana Mengubah tampilan blogspot dengan template jadi milik orang lain.

Sebelum benar-benar Mengubah tampilan, ada baiknya Anda membackup dulu goresan pena dan template yg dipakai Saat ini. Bukan tidak mungkin, Saat merubahnya terjadi error sehingga dapat dengan Mudah dikembalikan ke posisi semula.

Untuk backup postingan silahkan baca; Caranya Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot dan untuk tampilan, silahkan baca; Caranya Backup Template Blogspot.

Caranya Praktis Mengubah Tampilan Blogspot

  • Pertama-tama yg Musti dilakukan ialah mendownload template yg bakal digunakan. Di luar sana ada banyak pilihan, saya tidak menyarankan situs mana pun, silahkan cari melalui mesin pencari Google. Usahakan file sudah dalam bentuk XML.
  • Setelah menentukan template yg clean, fast loading dan SEO Friendly. Ada baiknya Anda mengenali dulu template yg bakal digunakan, baca review templatenya Jika ada dan sebisa mungkin Test ke-SEO-an demo templatenya di Chkme serta test loadingnya di GTMetrix.
  • Jika semua telah sesuai, selanjutnya login ke blogspot Anda. Pada teladan kali ini, bloGoooblok mencobanya disalah satu blog wacana film dengan template magazine.
  • Klik Template atau Tampilan pada Dashboard
  • Klik hidangan Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan) di bab kanan atas Dashboard Blog.
  • Klik Choose File / Pilih File. Klik file ekstensi XML yg sudah didownload/diekstrak.
  • Klik Upload (Unggah) dan tunggu sampai selesai.

Gimana, Mudah bukan!

Kelihatannya sih mudah. Namun hampir semua template jadi membawa pengaturan bawaan yg selanjutnya Musti diubah. Olehnya itu, Musti dilakukan lagi beberapa tahap berikut ini;

  • Jika di template gres Anda ada logo gambar silahkan menggantinya dengan logo versi Anda di hidangan Lay Out (Tata Letak) > Header. Kadang-kadang ada template yg logonya di dalam (kode HTML), cari file tersebut dan ubah dengan URL logo Anda. (Baca: Caranya Mengubah Logo Blogger (Favicon)).
  • Ganti nama-nama hidangan dan link-nya dengan hidangan yg Anda inginkan. Caranyanya, klik Template > Edit HTML > cari hidangan tersebut (CTRL+F) dan Ganti/Ubah. (Baca: Caranya Praktis Memunculkan Tulisan Terbaru di Blogger).
  • Kadang-kadang ada template yg hidangan HOME-nya Memakai link desainer template. Cek hidangan dan link home di dalam template. Jika linknya ibarat ini, <a href='/'>HOME</a>, tidak usah diubah, sudah benar. (Baca: Caranya Memunculkan Home/Beranda Pada Blogspot)
  • Anda dapat Mengubah warna aksara dan warna lainnya dengan Mengubah isyarat warna yg ada.
  • Cek link RSS Feed/Subscribe, apakah masih kosong atau Memakai FeedBurner ID yg lain. Ganti dengan FeedBurner ID Anda. (Baca: Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?)
  • Cek juga link SEARCH (jika ada). Arahkan link searchnya ke blog Anda (jika ada nama blog lain, ubah dengan nama blog Anda). Misalnya, ada isyarat begini: <form id="searchform" action=" /search?q=trik-backup-postingan-blog-dengan-utuh-di-blogspot" target="_blank">Caranya Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine) 
  • Cek link footer bab "Copyright (c) Tahun NAMA BLOG. All right reserved", apakah sudah mengarah ke nama blog Anda atau ke nama blog lain. Jika yg muncul nama blog lain, contohnya nama template, ubah dengan nama blog Anda. Umumnya sih sudah mengarah ke nama blog Anda. Tapi ada juga yg Memakai nama template. Musti diperhatikan ada beberapa penyedia template yg keberatan link footer ini diubah, jikalau demikian agarkan saja. (Baca: Caranya Menambah Link di Footer/Atribusi Blogger)

Disatu sisi, Mengubah tampilan blog dengan template jadi milik orang lain ialah langkah mudah, namun ada baiknya sebagai blogger harusnya Memakai blog dengan tampilan hasil kerja tangan sendiri. Selain sesuai dengan keinginan, kita juga dapat lebih pintar.

Iya tidak?


0 Response to "Caranya Mudah Mengubah Tampilan Blogspot"

Post a Comment