Belajar Html Dasar (1) : Pengertian Html

Jika selama ini Anda punya impian membuat dan mendesain website sendiri. Itu Maknanya Anda Musti mengerti utak atik script. Langkah paling pertama dan utama yg Musti dipahami oleh seorang webdesign ialah HTML. Karena HTML-lah semua yg kita buat di web bisa dilihat oleh orang lain di internet.

bloGoooblok pada seri ini bakal membahas HTML dasar. Namun sebelum jauh melangkah, aku ingin pastikan, seri (belajar HTML bakal dibuat dalam beberapa seri setrik teratur) ini tidak ada maksud menggurui atau berlagak paling hebat. Disini kita bakal sama-sama belajar, jikalau memberi manfaat, itu merupakan wujud syukur bagi saya, namun jikalau tidak, acuhkan saja.

Sebelum membahas Pengertian HTML lebih jauh. Ada baiknya kita kenali dulu mirip apa rupa HTML. Jika Anda sering mengutak-atik template web atau blog Anda, tentu sudah tidak asing dengan script HTML ini, namun bagi yg belum pernah sama sekali melihatnya, bakal nampak kebingungan.

Olehnya itu, jikalau ingin tau mirip apasih rupa HTML dan turunannya itu (disebut turunan sebab HTML tidak bangun sendiri, bakal kita bahas nantinya) silahkan melihat contohnya pada blog ini. Jika ingin melihatnya, silahkan klik kanan dibadan blog ini dan pilih kata-kata Lihat Sumber Laman (View Page Source).


Jika berhasil mengklik, maka tampilannya bakal mirip gambar dibawah ini. Bentuknya hanya formasi simbol dan abjad yg rumit. Deretan script inilah, inti blog atau web itu bekerjsama (bisa dikatakan sebagai nyawa utama). Script ini dibuat atas dasar HTML namun dikembangkan Memakai sejumlah bahasa pemprograman tambahan.


Pengertian HTML

Setrik bidang keilmuan HTML merupakan abreviasi dari kata-kata Hypertext Markup Language.

Jika dipilah-pilah, maka Hypertext berMakna sebuah text biasa yg sanggup berfungsi lain. Misalnya membuat link disatu text yg sanggup berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text itu saja. Dalam dunia blogging, ini biasa disebut link, dan di HTML kemampuan ini dinamakan hypertext.

Pertanyaanya, apakah itu saja yg ada dalam pengertian hypertext. Jawabannya tentu tidak, masih masih fungsi lain dalam implementasinya. Kita bakal membahasnya setahap demi setahap nantinya.

Sementara kata Markup Language dalam HTML disematkan sebab bahasanya Memakai tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yg berada di antara tanda tertentu bakal menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya bakal tampak besar. Tanda ini bakal dikenal di HTML sebagai tag.

Intinya ialah HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web, namun bukan satu-satunya. Mengapa demikian, sebab jikalau hanya Memakai script HTML saja membuat web, maka yakin dan percaya saja tampilannya tidak bakal menarik, menyerupai kembali ke jaman purba, semua serba tidak menarik sesuai kurun kekinian.

Walau begitu, mempelajari HTML Musti/wajib hukumnya, sebab dari sinilah semua dimulai.

Seperti yg aku katakan diatas, bahwa HTML ialah bahasa dasar pembuatan web namun Musti diingat Jika HTML bukanlah bahasa pemprograman (programming language). Memang aneh, namun begitulah kenyataanya, sebab HTML hanyalah sebuah bahasa struktur yg fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Jika bahasa pemprograman yg biasa dipakai di web cukup banyak, namun yg paling banyak dipakai dan digemari ialah JavaScript dan PHP.

HTML juga dikenal dengan sebutan xHTML yg merupakan abreviasi dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi aksesori dari HTML. Dalam perkembangannya, HTML sekarang juga telah memiliki versi terbaru, yakni HTML 5. Semua bakal kita bahas pada postingan kedepan.

Semoga pembagian terstruktur mengenai diatas, bisa mengantar kita pada proses memahami HTML. Dengan begitu, niat menjadi webdesign atau sekedar utak-atik web sendiri, bisa diwujudkan. Mari mencar ilmu bersama...!


0 Response to "Belajar Html Dasar (1) : Pengertian Html"

Post a Comment