Mengenal Dan Caranya Membuat Layanan Subscribe

Jika Anda sering menonton video di Youtube, kata-kata Subscribe niscaya sering Anda lihat disana. Subscribe sendiri Maknanya ialah langganan. yg berMakna pula, setiap Anda mengklik Subscribe di Youtube, pemilik video bakal selalu mengabari Anda Jika mereka punya video baru.

Di dunia blog, Subscribe juga bukan hal yg baru. Sudah semenjak dulu, layanan ini hadir. Pengertiannya sama dengan Subscribe yg disediakan oleh Youtube. Perbedaan hanya satu, Subscribe di Youtube sudah ada semenjak pertama kita buat saluran disana, sedangkan di blog, Subscribe Musti dibentuk sendiri.

Contoh layanan Subscribe dapat Anda lihat di bloGoooblok ini. Kotak disebelah kanan atas pada sidebar ialah layanan Subscribe atau layanan berlangganan Maknakel melalui email. Tujuannya supaya setiap Maknakel dari blog ini bakal pribadi terkirim ke email Anda setrik utuh, tanpa Musti mengunjungi blog ini setiap saat.

Sebelum kita membahas lebih jauh trik membuatnya, alangkah mulia dan baiknya Jika Anda memasukkan alamat email Anda pada layanan Subscribe bloGoooblok . Maknakel bakal dikirim ke email Anda pribadi tanpa dipungut biaya.

Caranya Membuat Layanan Subscribe/Langganan Maknakel

Untuk membuat layanan Subscribe di blog kita diberi banyak pilihan layanan. Namun yg paling populer dan paling disarankan oleh blogspot ialah layanan dari FeedBurner. Mengapa demikian, alasannya FeedBurner juga milik Google yg Maknanya telah terkoneksi dengan seluruh layanan Google.

Kaprikornus langkah pertama yg Musti Anda lakukan untuk membuat Subscribe ialah mengaktifkan akun FeedBurner Anda. Bisa Anda pelajari dengan membaca Maknakel Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya? serta Manfaat dan Caranya Aktifkan PingShot di FeedBurner. 

  • Jika telah memiliki akun FeedBurner, selanjutnya login. Pilih blog yg telah Anda daftarkan dan pilih Publicize lalu Email Subscriptions


  • Pada halaman Email Subscriptions, klik Activate. 


  • Kini Anda telah disediakan script HTML. Script ini dapat pribadi Anda copy ke blog Anda dan letakkan dimana saja Anda inginkan. Namun saya sarankan untuk tidak mengcopy dulu. Kita bakal melaksanakan pengaturan supaya layanan Subscribe Anda terlihat profesional. 


  • Pilihlah Communication Preferences. Pada pengaturan ini Anda dapat Mengubah alamat email pengirim (selain dari email yg Anda daftarkan), Kata-kata untuk email aktivasi pada pelanggan Anda, serta isi pesan yg bakal muncul dikala pertama kali pelanggan Anda meminta berlangganan. Bahasanya berbahasa Inggris, olehnya itu rubahlah kedalam bahasa Indonesia dengan kata-kata Anda sendiri. Setelah itu klik Save. 


  • Selanjutnya ialah Email Branding. Pada pengaturan ini, aturlah judul setiap email Subscribe Anda sesuai keinginan, misal Jika Anda belangganan Maknakel di blog ini, judul email yg bakal terkirim bertuliskan bloGoooblok . Pada laman ini Anda juga dapat Mengubah tampilan feed Anda, silahkan diutak-atik sesuai kebutuhan, kemudian klik Save. 


  • Terakhir ialah Delivery Options. Pada laman ini, Anda diberi kuasa mengatur agenda pengiriman Maknakel kepada pelanggan Anda. Jika menyasar pembaca dari Indonesia, aturlah Timezone-nya Jakarta, dan agenda pengiriman sesuai harapan Anda, dapat dikirim dipagi hari atau malam hari. 


  • Barulah Setelah selesai, kembali ke Subscription Management kemudian mengcopy script yg diberikan ke blog Anda. Ada dua trik yg dapat dilakukan, mengcopy script pribadi ke blog atau mengaktifkan widget dari FeedBurner. Saran saya lebih baik mengcopy script saja supaya Anda dapat melaksanakan modifikasi, menyerupai layanan Subscribe pada bloGoooblok ini sudah diperbaharui supaya sesuai keinginan. 


Anda pun dapat melaksanakan perubahan script Jika mengetahui dasar-dasar HTML. Bisa Anda pelajari dengan membaca beberapa postingan di blog ini. Misal ingin Mengubah bordirnya, dapat Anda baca di Caranya Membuat Kotak Script Dalam Postingan Blog. 

Jika memiliki pertanyaan atau tanggapan, silahkan berkomunikasi pada kolom Disqus dibawah ini. Terima kasih!


0 Response to "Mengenal Dan Caranya Membuat Layanan Subscribe"

Post a Comment