Caranya Membuat Sitelinks Di Hasil Pencarian Google

Google yakni primadona bagi penikmat jejaring internet, khususnya bagi pemilik situs atau blog. Sumber trafik terbesar bakal tiba dari hasil pencarian Google, ditambah search engine lain semisal Bing dan Yahoo serta mesin pencari lainnya.

Ada banyak trik meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Namun bloGoooblok menyarankan Anda Memakai metode-metode murni yg ramah lingkungan dan sehat dimata search engine. Jika sampai sekarang blog Anda belum terindex oleh Google, silahkan daftarkan blog Anda terlebih dahulu. (Baca Caranya Mendaftarkan Blog ke Google)

Bagi Anda yg sering Memakai Google mencari informasi, mungkin pernah dihadapkan pada hasil pencarian tersusun untuk satu situs atau blog. Metode itu dinamakan oleh Google sebagai sitelinks. Itulah yg bakal kita bahas pada postingan kali ini.

Jika belum paham apa yg saya maksudkan, silahkan uji coba dengan mengetikkan kata blogoooblok di Google. Maka hasil pencariannya menyerupai berikut ini.


Apa Itu Sitelinks? 

Sedikit yg saya jelaskan diatas, bahwa sitelinks yakni hasil pencarian yg memiliki karakteristik berbeda. Pada satu kata kunci tertentu (kebanyakan nama situsnya) bisa muncul dihalaman pertama dengan hasil pencarian bertingkat dan condong kedalam.

Ada beberapa macam sitelinks. Ada yg hanya dua kolom, ada empat kolom dan enam kolom, bahkan ada beberapa situs lebih dari itu. Google masih merahasiakan, trik tunjangan sitelinks ini kepada situs tertentu, begitu pula dengan jumlah sitelinks yg diberikan.

Setrik alamiah, Google kadang memperlihatkan sitelinks kepada situs tertentu alasannya yakni beberapa hal, termasuk alasannya yakni Maknakel yg ditampilkan disitus tertentu memiliki reputasi yg lumayan, bisa juga alasannya yakni jumlah kunjungan disitus itu tinggi sehingga Google memberi hadiah berupa sitelinks.

Mengapa Sitelinks Itu Penting? 

Jika Anda perhatikan, Google hanya bakal menampilkan sepuluh baris situs dihalaman pertama untuk kata kunci tertentu. Apabila blog Anda mendapat sitelinks, minimal dua baris saja, itu berMakna peluang Anda mendapat kunjungan jauh lebih besar, alasannya yakni sisa situs yg bakal ditampilkan Google tinggal delapan.

Bayangkan Jika Google memperlihatkan Anda hadiah enam sitelinks. Situs lain yg bakal ditampilkan tinggal sedikit. Dengan sitelinks pada blog Anda juga bakal menarik perhatian pengunjung, alasannya yakni karakteristik pencariannya berbeda dari yg lain (ini merupakan sifat manusia, tertarik pada hal yg unik).

Membuat Sitelinks Lewat Google Webmaster Tools

Jika blog Anda tidak bisa mendapat hadiah sitelinks gratis dari Google. Tak perlu risau, alasannya yakni Anda bisa membuatnya sendiri. Tetapi sebelum melangkan ke trik membuat sitelinks setrik manual, Anda Musti mengaktifkan dulu fungsi Googel Webmaster Tools, bisa Anda baca Maknakel ini, Caranya Memakai Webmaster Tools. 

Jika telah mengaktifkan Webmaster Tools-nya. Selanjutnya ituki langkah-langkah berikut ini.

  • Login ke Google Webmaster Tools Anda, kemudian pilih blog yg ingin dioptimalkan. Pada Dashboard pilih tab Search Apprearance, kemudian klik Sitelinks. 
  • Ada dua kotak isian yg disajikan oleh Google. Pada kolom pertama, silahkan Anda kosongkan saja Jika halaman homepage blog Anda yakni yg ingin Anda tampilkan. Namun Jika ingin merubahnya, silahkan masukkan URL halaman yg ingin Anda tampilkan. Sementara di kolom yg kedua, yakni lokasi dimana Anda memasukkan halaman yg ingin Anda tampilkan. Jika telah mengcopy URL Anda, selanjutnya klik Demote. Anda bisa memasukkan beberapa URL, maka bakal setrik otomatis Google bakal menggenerasikan link tersebut. 


  • Jika telah tamat memasukkan beberapa URL atau link. Selanjutnya Anda menunggu. Google bakal melaksanakan ekstrak kepada link yg telah Anda Demote. Proses ini membutuhkan waktu yg berbeda-beda, ada yg hanya sehari, seminggu, sebulan bahkan ada juga yg mencapai usia tahunan gres tergenerate oleh Google. Sekali lagi, hal ini yakni kebijakan Google setrik utuh. 

Dari pengalaman bloGoooblok , waktu yg diharapkan untuk mencitpakan sitelinks yakni satu minggu. Awalnya saya hanya mendemote empat link, namun Google dengan berbaik hati memperlihatkan enam sitelinks di hasil pencarian. Silahkan coba peruntungan Anda. (Baca juga Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools)

 

0 Response to "Caranya Membuat Sitelinks Di Hasil Pencarian Google"

Post a Comment