Caranya Membagi Kolom Pada Postingan Blogspot

Membagi kolom pada postingan blog kadang diharapkan untuk satu keperluan. Seperti di blog ini, saya membagi kolom dalam satu halaman untuk membuat tampilan utama yg simple. Bisa Anda lihat disini, atau klik Home.

Membagi kolom pada postingan blog juga biasanya diharapkan oleh blogger yg mau blognya ibarat tampilan koran atau majalah. Apapun alasan Anda untuk membagi kolom halaman postingan blog, semua dapat kita lakukan kali ini.

Beberapa script mengharuskan penggunaan kolom dipasang setrik permanen didalam blog, Maknanya setelah script itu ditanam dalam Edit HTML setiap kali membuat postingan, kolomnya bakal terbagi otomatis.

Namun script yg bakal kita gunakan kali ini, hanya dipakai pada dikala dibutuhkan. Dalam satu halaman pun, kita masih dapat menggunakan halaman full namun ada pembagian halaman didalamnya.

Skripnya ibarat ini :

<table border="0" cellspacing="10" style="width: 500px;"> <tbody>
<tr> <td valign="top" width="250">Kolom 1</td> <td valign="top" width="250">Kolom 2</td> </tr>
</tbody></table>

Caranya memasangnya sama dengan membuat postingan di blog. Hanya saja mode untuk menjalankan script diatas kita diminta menggunakan mode HTML, bukan Compose. Namun setelah memasukkan scriptnya ke HTML Anda dapat kembali lagi ke mode Compose.


Lalu Lihat pada mode Compose


Contoh script diatas hanya membagi halaman menjadi dua bagian. Anda dapat membaginya lebih dari dua dengan menambahkan <td valign="top" width="250">Kolom 3</td> kedalam script. Taruh setelah kolom kedua tepatnya setelah arahan </td>.

Contoh Scriptnya :

<table border="0" cellspacing="10" style="width: 450px;"> <tbody>
<tr> <td valign="top" width="150">Kolom 1</td> <td valign="top" width="150">Kolom 2</td> <td valign="top" width="150">Kolom 3</td> </tr>
</tbody></table>

Penjelasan Script :

  • border="0" : Angka nol dapat diganti menjadi satu atau angka lainnya sesuai keinginan. Ini Maknanya Anda memberi garis pembatas pada setiap kolom. Angka nol menerangkan garis pembatas tidak nampak.
  • cellspacing="10" : Angkanya juga dapat Anda rubah, semakin kecil atau semakin besar. cellspacing masih merupakan bab dari border, cellspacing Maknanya spasi antara sel dan tabel.
  • width: 500px : Merupakan perintah lebar ukuran tabel yg dibuat. Anda dapat merubahnya sesuka hati, semakin besar angkanya maka semakin lebar ukuran pembagian halamannya, begitu juga pada setiap kolom, angkanya dapat Anda sesuaikan dengan lebar kolom setrik keseluruhan.

Pada dasarnya, script diatas yaitu script untuk membuat tabel dalam postingan. Namun alasannya yaitu border tidak ditampilkan sehingga terlihat halaman sedang terbagi. Jika mempunyai pertanyaan, silahkan didiskusikan dibawah ini.


0 Response to "Caranya Membagi Kolom Pada Postingan Blogspot"

Post a Comment