Anjuran Berwudlu Sebelum Tidur

عن الْبَرَاء بْن عَازِبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ


Dari Al Barra bin Azib RA, bergotong-royong Rasulullah SAW telah bersabda, "Apabila kau hendak tidur, maka berwudhulah sebagaimana kau berwudhu untuk shalat. Setelah itu berbaringlah dengan miring ke kanan, kemudian berdoalah,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ


'Ya Allah ya Tuhanku, saya berserah diri kepada-Mu, saya serahkan urusanku kepada-Mu dan saya berlindung kepada-Mu dalam keadaan kondusif dan bahaya, alasannya tidak ada daerah berlindung dan daerah yang kondusif dari adzab-Mu kecuali dengan berlindung kepada-Mu Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan saya beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus.'

وَاجْعَلْهُنَّ مِنْ آخِرِ كَلَامِكَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مُتَّ وَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ قَالَ فَرَدَّدْتُهُنَّ لِأَسْتَذْكِرَهُنَّ فَقُلْتُ آمَنْتُ بِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ


Jadikan bacaan tersebut sebagai epilog ucapanmu menjelang tidur. Apabila kau meninggal dunia pada malam itu, maka kau meninggal dalam kesucian diri {fitrah}." Al Barra" berkata, "Saya mengulang-ulang bacaan tersebut semoga hafal dan saya ucapkan 'Saya beriman kepada rasul-Mu yang telah Engkau utus.' Lalu Nabi Muhammad SAW berkata, "Ucapkanlah, 'Saya beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus.'" {Hr : Muslim}

Wallahu A'lam

0 Response to "Anjuran Berwudlu Sebelum Tidur"

Post a Comment