Bacaan Dzikir Dan Do'a

Bacaan dzikir dan doa dengan banyak sekali manfaatnya

Berzikir ialah mengingat atau menyebut nama ALLAH, serta mengucapkan kalimat kebanggaan kepada ALLAH secara berulang ulang. Tujuan berzikir ialah semoga hati menjadi damai dan akrab kepada ALLAH. Dan tetap besar lengan berkuasa didalam keimanan. Berzikir dilakukan setiap ketika sekalipun hanya sedikit, diutamakan sebanyak banyaknya dan terus menerus. 

Rasulullah saw mengemukakan beberapa fadilah berzikir antara lain :

1. ALLAH SWT berfirman :” Aku berdasarkan dugaan hamba-Ku terhadap-Ku Aku bersamanya apabila ia mengingat-Ku. jikalau ia mengingat Aku pada dirinya,niscaya Aku mengingatnya pula pada diri-Ku. Jika ia mengingatku dalam satu kelompok, pasti Aku mengingatnya dalam kelompok yang lebih baik daripada kelompok mereka. jikalau ia mendekatkan diri satu jengkal, maka Aku mendekatinya satu hasta. jikalau ia mendekatkan diri satu hasta, maka Aku mendekatinya satu depa. Jika ia mendekati-Kudengan berjalan, maka Aku akan mendekatinya dengan berlari.”
2. Orang yang berzikir mendapat rahmat dan ampunan ALLAH.
3. ALLAH menyebut nama orang yang berzikir kepada para malaikatyang berada di sisinya.
4. Orang yang berzikir mendapat santunan ALLAH pada hari kiamat.
5. Berzikir kepada ALLAH lebih utama dari jihad dan menawarkan harta banyak terus menerus.
6. Orang yang berzikir akan mendapat ketenangan dalam hidup.
7. Orang yang berzikir di ibaratkan orang yang hidup dengan rohaninya, dan orang yang tidak berzikir diumpamakan orang yang mati.

Bacaan dzikir untuk amalan sehari-hari, dibaca pada ketika kapan saja, baik sesudah shalat, atau di ketika waktu senggang yang lain. Dari pagi hari, hingga malam hari dalam keadaan suci dari hadats kecil maupun besar.

Karena Allah berfirman :

Maka apabila kau telah menuntaskan shalat(mu), sebutlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kau telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (seperti biasanya). Sesungguhnya shalat itu ialah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. "(QS. Annisa : 103).

Bacaan Dzikirnya:

Bacaan Lafal Jalalah (lafal dasar berdzikir pada Allah)
الله
Allah
Allah
Bacaan Istighfar (untuk mohon ampunan kepada Allah)
اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ
Astaghfirullah hal adzhiim
Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung
Bacaan Tahmidz (untuk kebanggaan & syukur kepada Allah)
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin
Segala puji bagi Allah yang kuasa semesta alam

Bacaan Tasbih (untuk mensucikan Allah)
سُبْحَانَ اللهُ
Subhanallah
Maha suci Allah
Bacaan Takbir (untuk kebesaran Allah)
اللهُ اَكْبَرُ
Allahu akbar
Allah maha besar
Bacaan Tahlil (untuk meyakini Allah)
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
La ilaha illallah
Tidak ada yang kuasa selain Allah

Dari Berbagai Sumber

0 Response to "Bacaan Dzikir Dan Do'a"

Post a Comment