Sujud Tilawah

Sujud Tilawah yaitu sujud yang musti dilakukan apabila kita membaca dan atau mendengar seseorang sedang membaca Ayat - Ayat Sajdah yang berdasarkan para sebagian ulama' dilaksanakan baik didalam maupun diluar shalat. diantara ayat - ayat Sajdah yang ada didalam Al Alquran yaitu Surah Al A'raaf ayat : 206 yang dalam bahasa indonesianya kurang lebih :

"Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud." 
Jika kita mendengar ayat diatas dibaca maka disunatkan untuk bersujud sesudah membacanya atau mendengarnya, baik di dalam sembahyang maupun di luar sembahyang dengan membaca do'a sebagai berikut : "Aku sujudkan wajahku ini kepada yang menciptanya dan membentuk rupanya dan yang membuka pendengarannya dan penlihatannya. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta".

Bagaimana cara melaksanakan sujud tilawah ? Berapa kali Salam ? Apa yang dibaca semasa sujud ?

Menurut beberapa pendapat sujud tilawah sama ibarat sujud dalam solat, yang afdalnya yaitu kita berdiri dan turun sujud di atas tujuh anggota sujud kemudian membaca : Subahaana rabbiyal a’la (Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi) tiga kali, kemudian membaca :

 اَللّهُمّ إِنِّي لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ, سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ اللهم اكْتُبْ لِي بِهَا أَجْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَتَقَبَّلْهَا مِنِّي كَمَا تَقَبَّلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهَ وَعَلَى نَبِيِّنَا أَفْضَلُ الصَّلاَة ِوَالسَّلاَمِ 

 (Ya Allah, bahwasanya saya sujud kepadaMu, kepadaMu saya beriman, kepadaMu saya berserah diri dan kepada Mu saya bertawakkal. Wajahku sujud kepada (Allah) Yang menciptakannya, membentuk rupanya, membelah indera pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatanNya, Maha Besar Allah sebaik-baik yang menciptakan).(Riwayat Muslim 771)

(Ya Allah, tulislah untukku pahala dengannya, hapuslah dosaku dengannya, jadikanlah ia sebagai simpanan untukku di sisi Mu, terimalah ia dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba Mu Daud ‘alaihi wa ‘ala nabiyina afdhalush shalatu wassalam). (Riwayat At-Tirmidzi 3424-Hadis Gharib)

Para ulama' beropini bahwa sujud tilawah sama ibarat ibadah solat yang perlu memenuhi syarat-syarat utama ibarat suci tubuh badan, berwudu, kawasan sujud higienis dari najis, mengadap kiblat dan menutup aurat. Mereka mengharuskan bertakbir untuk sujud dan mengucap salam sesudah berdiri dari sujud sama ibarat solat.

Terdapat banyak pendapat mengenai apa dimana dan bagaimana sujud tilawah yang paling utama yaitu hendaklah membaca dan atau menyebut Nama Allah Subhanahu Wata'ala dan Mensucikan Nya.

Wallahu A'lam

0 Response to "Sujud Tilawah"

Post a Comment