Nabi Musa Surat Al-Qashash

Pada Surat Al-Qashash (Al-Qasas) [28] : ayat 19-25, Firman Allah SWT :

Maka tatkala Musa hendak memegang dengan keras orang yang menjadi musuh keduanya, musuhnya berkata: "Hai Musa, apakah kau bermaksud hendak membunuhku, sebagaimana kau kemarin telah membunuh seorang insan ? 

Kamu tidak bermaksud melainkan hendak menjadi orang yang berbuat otoriter di negeri (ini), dan tiadalah kau hendak menjadi salah seorang dari orang-orang yang mengadakan perdamaian". Dan datanglah seorang pria dari ujung kota bergegas-gegas seraya berkata: "Hai Musa, bergotong-royong pembesar negeri sedang berunding ihwal kau untuk membunuhmu, lantaran itu keluarlah (dari kota ini) bergotong-royong saya termasuk orang-orang yang memberi nasehat kepadamu". 

Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, ia berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah saya dari orang-orang yang zalim itu". Dan tatkala ia menghadap kejurusan negeri Mad-yan ia berdoa (lagi): "Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar". 

Dan tatkala ia hingga di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpa di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia menjumpa di belakang orang banyak itu, dua orang perempuan yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: "Apakah maksudmu (dengan berbuat at begitu)?" 

Kedua perempuan itu menjawab: "Kami tidak sanggup meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami ialah orang renta yang telah lanjut umurnya". 

Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian ia kembali ke daerah yang teduh kemudian berdoa: "Ya Tuhanku bergotong-royong saya sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku". 

Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua perempuan itu berjalan kemalu-maluan, ia berkata: "Sesungguhnya bapakku memanggil kau supaya ia menawarkan akhir terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami". 

Maka tatkala Musa mendatangi bapaknya (Syuaib) dan menceritakan kepadanya kisah (mengenai dirinya), Syuaib berkata: "Janganlah kau takut. Kamu telah selamat dari orang-orang yang zalim itu".

0 Response to "Nabi Musa Surat Al-Qashash"

Post a Comment