Merujuk pada klarifikasi Wikipedia pun dijabarkan, bahwa blog merupakan kependekan dari web log yaitu sebuah aplikasi web yg ibarat tulisan-tulisan (yg dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Keliru satu contohnya yg sedang Anda lihat Saat ini.
Namun blog, tidak hanya sekedar catatan semata. Perkembangannya sekarang telah menyentuh banyak aspek, sehingga lahirlah pembagian terstruktur mengenai blog yg dipisah menurut jenis dan fungsinya. Setrik umum, blog terbagi dalam enam jenis, yakni:
1. Blog Pribadi
Ini yaitu jenis blog yg paling umum. Blog ini intinya dibentuk hanya untuk kesenangan si pemiliknya saja. Isinya pun lebih banyak bercerita ihwal aneka macam hal dalam kehidupan sehari-hari. Bisa berupa curhatan atau pengalaman-pengalaman menarik.
Blog eksklusif tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Kalaupun dikemudian hari dapat menghasilkan uang, itu bukan tujuan utama bagi pemiliknya. Pemilik blog jenis ini pun bakal tetap enjoy ngeblog tanpa merasa terbebani.
Keliru satu blog eksklusif yg cukup populer yaitu blog milik Raditya Dika. Blog Raditya lebih banyak bercerita soal hal-hal lucu dalam kehidupan sehari-harinya. Walau dibentuk untuk kesenangan semata, blog ini ternyata telah membuat Raditya Dika menjadi terkenal.
2. Blog Otoritas
Blog otoritas atau sering juga disebut authority blogs yaitu jenis blog yg dibentuk sedikit serius. Tujuan utamanya yaitu menjadi hebat dari topik yg dibahasnya. Walau konten yg dibentuk tidak mementingkan kata kunci atau keyword namun blog ini tetap menyajikan konten berkualitas.
Tema yg dihadirkan pada blog otoritas lebih beragam, misal soal kesehatan, bisnis, properti, pengembangan diri, teknologi dan lain-lain. Walau menganut ragam tema, blog otoritas tetap mementingkan kualitas konten.
Jika blog eksklusif tidak mementingkan pengunjung mau banyak atau tidak, blog otoritas peduli dengan jumlah pengunjung. Walau tidak fokus pada pengunjung dari mesin pencari semisal Google, Yahoo atau Bing, namun kampanye blog otoritas cukup massif.
Blog ini mengutamakan pengunjung dari sosial media (Facebook, Twitter, dan Pinterest, dll).
3. Blog Niche
Hampir sama dengan blog otoritas, blog niche dibentuk dengan serius. Perbedaan, bila blog otoritas menganut banyak tema, blog niche hanya mengangkat satu tema besar. Itulah yg kemudian dikembangkan dan dibahas sampai hal-hal terkecil.
Sumber trafik utama blog niche tentu saja mesin pencari, namun tetap juga melaksanakan kampanye melalui sosial media. Pengelola blog niche bakal mempelajari lebih jauh trik riset keyword dan memperdalam pengetahuan soal SEO (Search Engine Optimization).
Banyak pengelola blog niche bergerilya mengumpulkan backlink semoga dapat tampil di halaman utama mesin pencari. Namun seiring waktu, Google tidak lagi melihat jumlah backlink sebagai hal yg patut diperhitungkan, sehingga optimalilasi blog niche Saat ini lebih beragam.
Blog niche sendiri oleh John James Robinson dalam ebooknya "The Authority Site Adsense Guide" membagi empat bagian, yakni:
Whole Niche
Whole niche yaitu blog niche yg membahas seluruh jangkauan topik. Contohnya bila blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari template Blogger, panduan Blogger, seo Blogger dan keseluruhan soal Blogger.
Broad Niche
Broad niche yaitu niche blog yg tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik saja. Contohnya bila blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda bakal membahas gimana blog dapat menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, SEO untuk blogger, sampai monetize blog Blogger Anda.
Themed Niche
Themed niche yaitu blog niche yg sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya SEO off page untuk blogger saja atau sebaliknya.
Micro Niche
Micro niche yaitu blog niche yg sangat sempit dan begitu terarah detail. Misal topik blog Anda yaitu seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar SEO on page khusus riset keyword saja.4. Blog Resmi
Blog ini memang sedikit terbatas pembuatannya. Jenis blog ini hanya dibentuk oleh satu perusahaan yg sama sekali tidak ditujukan untuk monetize. Biasanya, blog jenis ini dibentuk untuk memperlihatkan informasi pemanis dari produk atau layanan oleh satu perusahaan.
Hampir semua perusahaan besar di dunia maya Saat ini memiliki blog. Bahkan situs informasi dan sebagainya pun sekarang punya blog.
5. Blog Citizen
Belakangan ini jenis blog citizen makin banyak dibuat. Jenis ini mirip namanya tidak dibentuk oleh satu orang saja. Biasanya dibentuk oleh beberapa orang dalam satu kelompok. yg menulis dan mengelolah blog pun banyak dengan tujuan dan kepentingan yg berbeda-beda.
Keliru satu blog citizen yg populer di Indonesia yaitu Kompasiana. Jenis blog ini biasanya bakal dengan cepat berkembang alasannya yaitu dikelola beramai-ramai. Tema yg dianut blog citizen hampir sama dengan blog otoritas, umum namun berkualitas.
6. Blog Spam
Blog spam yaitu jenis blog yg dibentuk asal-asalan dan tidak memperdulikan soal kualitas konten. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yg dapat dengan Mudah dibentuk dalam jumlah masif.
Pembuat blog tinggal Memakai software (biasa juga arahan tertentu atau plugin) untuk pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka bakal dengan Mudah terisi konten. Biasanya blog spam ini dibentuk oleh orang-orang malas dan mau cepat berpenghasilan dari blog.
***
Itulah setidaknya enam citra jenis blog yg banyak digeluti Saat ini. Dengan mengetahui jenis blog tersebut, semoga Anda dapat lebih fokus membuat blog dan mengembangkannya. Dengan begitu, untuk memonetize blog bakal jauh lebih mudah.
Musti diingat, blog bukan trik cepat menjadi kaya. Setiap orang yg sukses dalam bidang ini telah menyisihkan lebih banyak waktu dalam hidupnya. Makara bila masih saja percaya ada yg menjadi kaya dalam sehari hanya dari blog, Maknanya Anda Keliru kaprah.
0 Response to "Enam Jenis Blog yg Musti Anda Ketahui"
Post a Comment