Dampak Nyata Dan Negatif Blogspot Jadi .Co.Id

Kamis (3/9/2015) blogger Indonesia heboh dengan berubahnya domain blogspot dari .com menjadi .co.id. bloGoooblok pun awalnya kelimpungan, kok dapat terjadi secepat itu. Walau bekerjsama hal ini tidaklah mengagetkan, sebab rencana ini sudah dihebuskan blogspot semenjak 2013 lalu, dan beberapa negara sudah menerapkan hal ini.

Ada banyak pertanyaan dari benak blogger di Indonesia, soal keputusan blogspot Mengubah domainnya menjadi lebih lokal. bloGoooblok bekerjsama sudah menyadari bakal perubahan ini semenjak adanya pemberitahuan dari kebijakan negara Eropa yg muncul di dasbor blogspot beberapa waktu lalu.

Sejak ada pemberitahuan itu, setiap saya menganalisa trafik yg tiba dari bloGoooblok ada saja hal yg unik. bloGoooblok kadang berkembang menjadi .co.uc, .jp, .com.sg dan lain-lain. Begitu pula dengan iklan di Adsense, ada trik orang yg mengklik iklan dari blog yg domainnya lain ibarat gambar berikut.


Walau blogspot Mengubah domainnya menjadi .co.id, bekerjsama dampak buruknya tidaklah parah. Hal ini hampir sama dengan Mengubah domain menjadi TLD dengan sedikit pengecualian. bloGoooblok berupaya merangkum beberapa dampak nyata dan negatif dari perubahan domain ini.

Dampak Negatif Blogspot Berubah Kaprikornus .CO.ID

Dalam setiap perubahan, niscaya mengakibatkan dampak. Keliru satu yg selalu menjadi perhatian ialah dampak negatif dari perubahan tersebut. Berikut beberapa hal yg mungkin saja terjadi di blog Anda Saat blogspot Mengubah domain jadi .CO.ID. Dampak negatif ini sudah diuji coba oleh bloGoooblok sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

  • yg paling menonjol tentu saja ialah Pagerank. Hal ini pula yg menimpa bloGoooblok . Sebelumnya pagerank bloGoooblok cukup tinggi yakni diangka 2.700-an untuk rank Indonesia dan 168,631 setrik global. Namun semua itu lenyap seketika. 
  • Iklan Google Adsense lenyap. Iklan Adsense bakal lenyap jikalau status iklanya masih hosted, namun bagi blogger dengan status non hosted iklanya tidak bakal menghilang. 
  • Posisi DA dan PA berubah drastis. Hal ini tentu dapat dipastikan, sebab DA dan PA bergantung dari usia domain. Sebelum berkembang menjadi .co.id bloGoooblok mengantongi DA diangka 93 sementara PA-nya 32 (belum tinggi-tinggi amat sih), tapi setelah berubah angkatnya berubah drastis. DA-nya 23 dan PA 1. 
Sebelum berubah jadi .co.id

Setelah berubah jadi .co.id


Dampak Positif Blogspot Berubah Kaprikornus .CO.ID

Beberapa hal yg ditakutkan beberapa blogger soal perubahan ini, setelah bloGoooblok uji coba tidaklah besar lengan berkuasa layaknya Mengubah domain gratisan menjadi TLD. Seperti:

  • Adsense tidak lenyap setrik permanen. Akun Adsense kita tetap aktif dan menghasilkan. Walau belum ada klarifikasi apakah iklan di .co.id Musti didaftarkan kembali atau tidak, namun iklan ini masih dapat kita lihat jikalau membukanya dengan domain .com. Hingga Saat ini iklan bloGoooblok di .co.id masih juga belum muncul (mungkin beberapa hari kedepan gres muncul, semoga).
  • Tidak terjadi deadlink, baik eksternal maupun internal. Semua link yg terpasang Saat dibuka bakal di alihkan ke .co.id. 
  • Tidak terjadi duplikat konten sebab yg berubah hanya ekstensionnya. Misal yg membuka blog Anda dari Jepang maka domainnya bakal berkembang menjadi blogspot.jp dengan domain utama tetap .com. Hal ini juga diperjelas oleh Google yg menyampaikan bakal berupaya mengurangi dampak duplikat konten.
  • Tidak mempengaruhi SEO. Beberapa postingan bloGoooblok yg menjadi nomor satu dimesin pencari tetap berada diposisi teratas. Percobaan ini tidak hanya dilakukan sekali, sehingga kesimpulannya tidak berdampak buruk. Hal ini dipekuat pula oleh data Google Analytics. Setelah berkembang menjadi .co.id, trafik pengunjung bloGoooblok dari mesin pencari tetap tinggi, bahkan masih menjadi sumber trafik terbesar utamanya dari Google. Namun besar lengan berkuasa bagi mesin pencari lainnya. 
  • Keliru satu dampak nyata perubahan domain ini tentu saja lebih tersegmentasi. Dengan menjadi .co.id maka target utama blog kita bakal lebih terarah yakni menyasar pasar Indonesia. Bayangkan, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa, jikalau mencari niscaya bakal disuguhi oleh domain .co.id. 

Mungkin saja masih ada dampak nyata dan negatif dari perubahan domain ini, namun sejauh yg bloGoooblok alami gres hal-hal diatas.

Belum ada balasan niscaya alasan Google melaksanakan perubahan ini, namun alasan paling masuk nalar yg dapat dijadikan patokan ialah perubahan algoritma Google yg terjadi Saat ini. Google sedang berbagi canonical untuk hasil pencarian yg jauh lebih baik. Semoga saja proses ini betul memperlihatkan hasil yg terbaik buat blogger Indonesia.

Bagi Anda yg merasa rindu dengan domain .com, tak perlu berpatah hati sebab Anda masih dapat melihatnya dengan menambahkan /ncr di belakang domain Anda. NCR ialah kependekan dari “No Country Redirect. Contohnya blogoooblok.blogspot.co.id/ncr. Dengan begitu setrik otomatis browser Anda bakal mengalihkan blog ke .com lagi.

Sekian yg dapat saya sampaikan, supaya bermanfaat. Namun jikalau masih ada tambahan, saya dengan bahagia hati menerima, silahkan memberi tanggapan di kolom komentar.



0 Response to "Dampak Nyata Dan Negatif Blogspot Jadi .Co.Id"

Post a Comment