Mengenal Fitur Dan Kontrol Utama Google Analytics

Semua orang awalnya bakal gundah bila gres bakal Memakai Google Analytics. Hal ini karna, masih banyak yg belum paham fungsi dan kegunaan layanan Google tersebut. Olehnya itu, sangat perlu adanya untuk mengenal fitur dan kontrol utamanya.

(Baca: Apa Itu Google Analytics?)

Setrik garis besar, fitur dan kontrol utama Google Analytics terdiri dari delapan bagian. Selanjutnya bakal kita bahas satu persatu semoga lebih jelas. Hanya saja, semua yg bakal bloGoooblok jelaskan disini belum tentu ada di akun Google Analytics Anda, sebab ada beberapa fitur yg hanya muncul bila kita sebagai pengguna premium.

Berikut yakni citra besarnya.


1. Fitur Tautan Navigasi
Fitur ini berada dibagian paling atas. Pada gambar terletak di nomor 1. Google Analytics memberi kita saluran ke 4 area produk utama. Keempat penggalan ini juga memiliki peranan yg berbeda-beda. Semuanya sanggup dipakai setrik bebas.

  • Home atau Beranda. Tautan ini menghadirkan semua daftar Akun dan Properti yg telah kita daftarkan ke Google Analytics. Informasi yg disajikan disini hanya ringkasan singkat wacana kinerja dan performa akun kita.
  • Reporting atau Pelaporan. Pada penggalan ini Google Analytics menawarkan kita saluran penuh ke laporan dan dasbor tiap akun yg kita daftarkan. Bagian inilah yg punya banyak peranan penting untuk kita melaksanakan riset dan mengetahui kinerja blog atau website atau bahkan aplikasi yg telah kita buat. 
  • Customization atau Penyesuaian. Google Analytics memungkinkan Anda untuk membuat laporan khusus dan menawarkan saluran ke laporan tanpa sampel. Hanya saja fitur ini tidak berlaku untuk semua kalangan. Fitur ini hanya sanggup diakses oleh pengguna premium.
  • Admin. Bagian ini yakni daerah Anda mengelola Google Analytics. Pada penggalan ini Anda sanggup membuat properti gres atau menambah blog gres untuk dianalisa. Anda juga sanggup mengubah izin pengguna serta menambah integrasi dan masih banyak lagi. 

2. Fitur Akun, Setelan dan Diagnosik
Pada penggalan kedua, hal yg Musti diketahui dalah informasi akun. Setiap laman di Google Analytics juga menampilkan informasi ini. Google menyediakan kontrol yg memungkinkan Anda mengubah setelan, menerima santunan dan menanggapi pesan diagnostik. Setrik umum, ada tiga hal yg Musti diketahui pada penggalan ini.

  • Tombol Drop Down yg digambarkan dengan icon panah kebawah. Jika Anda mengklik penggalan ini maka Anda sanggup mengakses akun Google pribadi serta akun Google Analytics Anda. Fitur ini sanggup dipakai untuk penelusuran akun semoga menemukan akun Analytics, properti atau tampilan dengan cepat.
  • Tombil Settings yg digambarkan dengan logo gerigi. Jika mengklik penggalan ini maka Anda sanggup mengubah setelan pengguna, mengirim umpan balik ke Google, atau menerima santunan bila merasa kesulitan dengan Google Analytics.
  • Tombol Pemberitahuan untuk melihat pesan yg dibentuk oleh diagnostik otomatis Google Analytics.

3. Fitur Navigasi Laporan
Setelah mengetahui dua penggalan diatas, maka selanjutnya mengenal penggalan penting dari Google Analytics. Yakni penggalan Reporting atau Laporan. Halaman ini hanya sanggup diakses bila Anda mengklik hidangan Reporting ibarat yg dijelaskan dibagian pertama diatas.

Fitur ini terdapat dibagian kiri laman. Pada penggalan ini Anda sanggup mengakses semua laporan. Ada beberapa kategori yg disediakan. Setiap kategori punya fungsi dan peranan masing-masing. Jika Anda mengklik Keliru satu kategori maka bakal terbuka grafis peta antarmuka disebelah kanan.

Terdapat delapan kategori pada sistem navigasi Google Analytics. Tiap kategori masih memiliki sub kategori yg semuanya sanggup digunakan. Untuk masing-masing kategori bakal kita bahas lebih lanjut. Namun, hal fundamental yg Musti diketahui pada penggalan ini yakni Dasbor dan Pintasan atau Shortcuts.

Klik Dasbor bila Anda ingin melihat laporan yg paling penting dalam sekilas dan klik Pintasan untuk saluran yg lebih cepat ke laporan yg paling sering Anda gunakan. Untuk Memakai sub kategori silahkan mengklik close panel untuk menyembunyikan panel navigasi laporan atau klik open panel untuk membukanya kembali.

4. Fitur Tajuk Laporan
Tajuk laporan berada sempurna dibawah Tautan Navigasi. Tajuk laporan bakal muncul di penggalan atas di semua laporan di Google Analytics. Tajuk meliputi judul dan kontrol laporan yg bekerja pada laporan sebagai satu kesatuan.

Itu Maknanya hidangan yg bakal muncul pada tajuk laporan bakal berubah-ubah setuai kategori yg sedang kita akses. Namun, setrik umum ada beberapa hidangan pilihan yg sering muncul pada fitur ini. Diantaranya:

  • Customize atau Sesuaikan untuk menyesuaikan laporan standar semoga sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Opsi adaptasi tersedia untuk banyak laporan, namun tidak semuanya. Jika ingin menggunakannya, silahkan klis saja. 
  • Email. Jika Anda mengklik Email maka Anda bakal sanggup pribadi membagikan laporan Anda setrik utuh kepada orang-orang, bahkan bila mereka tidak memiliki akun Google Analytics sekalipun.
  • Ada juga Ekspor. Anda sanggup Mengekspor data laporan untuk dipakai di aplikasi lainnya, ibarat Excel, PDF, Google Sheets dan lain-lainnya. 
  • Jika Anda ingin satu laporan dikategori tertentu muncul di Dasbor Anda, gunakan tautan Add to Dashboard atau Tambah ke Dasbor. Maka, bakal setrik otomatis laporan tersebut sanggup pribadi Anda saluran melalui Dasbor saja. 
  • Shorcut atau Pintasan. Pilihan ini memungkinkan Anda membuat tautan ke konfigurasi laporan yg sedang berjalan Saat ini. Anda sanggup mengakses semua pintasan Anda di panel navigasi laporan.
  • Tanggal yg terletak dipojok kanan memungkinkan Anda mengubah rentang tanggal laporan. Anda sanggup membandingkan dua tanggal, atau dua rentang tanggal dengan mengeklik ikon drop down hidangan icon.
  • Dibawah Tanggal terdapat logo toga. Itu yakni penggalan Pendidikan Analytics. Jika Anda mengklik ikon ini, maka Anda sanggup melihat konten santunan dan tutorial video yg menjelaskan kategori pelaporan yg Saat ini dipilih.

5. Fitur Tambah Segmen
Fitur Tambah Segmen ini tidak terlalu banyak. Segmen dalam Google Analytics yakni subkumpulan data Analytics Anda. Anda sanggup menambahkan satu segmen atau lebih ke dalam laporan Anda. Ini juga membantu Anda membandingkan dan membedakan data dalam trik yg bermakna.

Pada segmen yg sedang berjalan Anda sanggup mengedit, mengcopy atau bahkan hapus segmen yg ada dengan mengekliknya. Selain itu ada juga tombol untuk menambah segmen. Ini untuk menyegmentasikan data lebih lanjut.

6. Fitur Tab Laporan
Bagian inilah yg saya rasa punya fungsi yg penting. Karena pada penggalan inilah data laporan Anda ditampilkan. Laporan Google Analytics menampilkan di satu tab atau lebih. Google bakal menawarkan Anda banyak sekali tampilan dari data tersebut di satu tempat.

Setrik umum laporan yg bakal muncul yakni data standar yg berisi tab Penjelajahan. Hal ini memiliki 2 bagian: tampilan grafik data untuk kerangka waktu yg dipilih di penggalan atas, dan tabel data di penggalan bawah.

Beberapa laporan bakal menampilkan tab tambahan, ibarat tab Ringkasan, atau tab Hamparan Peta. Anda juga sanggup menambahkan dan mengedit tab Memakai tautan Sesuaikan di tajuk laporan, ibarat yg telah dijelaskan di atas.

Tautan grup metrik di bawah label tab laporan menentukan metrik mana yg ditampilkan di tabel data; contohnya, Ikhtisar, Penggunaan Situs, Setelan Sasaran 1. Terletak sempurna di bawah label tab Penjelajah. Intinya, data yg disajikan pada penggalan inilah yg banyak dipakai untuk riset dan mengetahui data pengunjung blog atau situs kita.

7. Fitur Tampilan Grafis
Hampir sebagian besar data yg ditampilkan dalam Google Analytics berupa grafis. Ada beberapa hal yg perlu dipahami dalam menganalisanya. Berikut penjelasannya:

  • Metrik grafik: mengubah metrik yg dipetakan dalam tampilan grafik. Anda sanggup membandingkan 2 metrik di grafik, contohnya, Pageview vs Users. Tombol ini terletak terletak di bawah tautan grup metrik. Jika ingin menambah metrik klik saja goresan pena Select a metric atau Pilih metrik. Maka tampilannya bakal pribadi dikkelewat / oversi.
  • Tombol Skala waktu grafik: Bagian ini memungkinkan Anda mengubah skala waktu grafik. Pilihnya antara hari, ahad atau bulan. Tab ini berada dibagian kanan pemilih metrik grafik.
  • Tombol Jenis grafik: tombol ini sanggup mengubah tampilan grafik yg ada. Pilih dari grafik garis atau diagram gerak. Terletak di samping tombol skala waktu grafik. Namun, bila Anda Memakai Google Analytics biasa, tombol ini tidak bakal muncul, tombol ini khusus untuk pengguna premium. Mereka sanggup Mengubah bentuk grafik yg ditampilkan. 
  • Panel Anotasi. Pilihan ini ada dibagian bawah grafik. Dengan mengklik tombol ini, Anda bakal sanggup membuat catatan pribadi di laporan.

8. Fitur Tampilan Tabel Data
Untuk data yg lebih rinci, Anda sanggup Memakai tampilan tabel data dari Google Analytics. Masih berkaitan dengan klarifikasi nomor 7 diatas. Bagian tampilan tabel data ini menyajikan informasi yg lebih terperinci.

Bagian bawah tab Penjelajah menampilkan data laporan dalam bentuk tabulasi. Dimensi dan metrik utama yg ditampilkan bergantung pada jenis laporan dan di grup metrik yg dipilih di kontrol tab Penjelajah. Anda sanggup mengaksesnya bila mengklik Keliru satu data yg ingin Anda lihat, contohnya soal Demographics. Jika ingin melihat data soal negara silahkan menentukan Indonesia, maka bakal muncul tabel datanya.

Kontrol tabel data pada penggalan ini mencakup, Tautan Dimensi utama yg sanggup mengubah dimensi utama dalam laporan. Ada pula Tombol Baris Persil yg memungkinkan Anda menambahkan baris yg sudah Anda pilih dengan Memakai kotak centang ke tampilan grafik, serta Menu Dimensi sekunder untuk menambah dimensi lainnya ke dalam laporan.

Jika ingin menghapus dimensi sekundernya, pribadi saja mengklik tanda x.

Sementara pada Menu Jenis Urutan atau daerah dimana Anda sanggup mengubah urutan baris di tabel data, Google Analytics memberi Anda pilihan antara lain sebagai berikut.

  • Default: urutan alfanumerik dasar. Urutan default-nya yakni tinggi ke rendah. Anda sanggup mengubah ini dengan mengeklik tajuk kolom.
  • Perubahan absolut: mengurutkan data perbandingan rentang tanggal menurut jumlah perubahan alih-alih nilai absolut
  • Berbobot: mengurutkan data persentase dalam urutan nilai penting alih-alih urutan numerik.

Anda juga diberi keleluasaan untuk melaksanakan penelusuran. Fomn ini bakal menampilkan baris yg sesuai dengan istilah penelusuran Anda. Klik lanjutan untuk menyaring tabel data dalam trik yg lebih rumit.

Pada pojok kanan terdapat Tombol Tampilan tabel. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah trik tabel data ditampilkan. Pilihannya dasarnya ada enam, namun biasanya yg tampil hanya ada lima. Keliru satu pilihannya dikhususkan untuk pengguna premium. Penjelasan lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini:


Demikianlah beberapa fitur kontrol utama yg terdapat pada Google Analytics. Penjelasan diatas masih perlu pendalam lebih jauh semoga sanggup memaksimalkan penggunaan Google Analytics. Namun sejauh ini, hal inilah yg patut dipahami.

(Baca: Bagaimana Caranya Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?)

Jika memiliki pelengkap atas informasi diatas bakal sangat bahagia rasanya bila berkenang menyebarkan informasi di kolom komentar. Anda juga sanggup mengajukan pertanyaan semoga sanggup sama-sama kita diskusikan. Terima kasih dan salam blogger.

0 Response to "Mengenal Fitur Dan Kontrol Utama Google Analytics"

Post a Comment